PENDAMPINGAN PEMBUATAN E-COMIC PASCA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25721Keywords:
E-Comic, Pandemi Covid-16Abstract
Darurat pandemic covid-19 secara resmi sudah dicabut oleh Kementerian Kesehatan dunia (WHO) pada tahun 2022. Hal ini mengakibatkan pembelajaran yang semula dilaksanakan melalui daring ataupun hybrid sudah berganti lagi menjadi pembelajaran secara luring khususnya di jenjang sekolah dasar. Kondisi tersebut menuntut pendidik agar selalu siap dalam melaksanakan pembelajaran. Akan tetapi muncul sebuah permasalahan yang dialami oleh guru yakni kurang menguasai strategi pengembangan media khususnya dalam menyesuaikan dengan pembelajaran yang diterapkan. Hal tersebut menjadikan peneliti untuk melakukan pendampingan dalam pengembangan media. Media yang dikembangkan adalah komik elektronik (e-comic) dengan tema cita-citaku. Tema ini dipilih karena berdasarkan hasil analisis analisis awal dibutuhkan media sebagai perantara dalam menyampaikan materi cita-citaku. Metode yang diguanakan dalam kegiatan ini adalah workshop dan pendampingan bagi guru-guru. Hasil pelaksanaan pengabdian adalah 87,5% guru merasakan ada penambahan wawasan tentang penelitian di sekolah dasar. Peserta pendampingan juga sangat setuju jika penyajian materi yang diberikan oleh tim PGSD sangat interaktif terbukti dengan hasil kuisioner 87,5%. Pemahaman tentang inovasi media pembelajaran sebesar 90% dan pemahaman inovasi pemebelajaran setelah pendampingan sebesar 90%. Dengan demikian guru dapat melakukan hilirisasi inovasi pengembangan e-comic pasca pendampingan dan lebih inovatif lagi dalam pengembangan media yang lainnya sesuai dengan metode pembelajaran yang dilaksanakan.References
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 1(2).
Batu-Bara, Y. A., Zetriuslita, Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Sosial Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1518
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA di Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1).
Khasinah, S., & Elviana, E. (2022). Need Analysis dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4). https://doi.org/10.22373/jm.v12i4.17208
Panggabean, D. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis CTL (Contextual Teaching Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas III SD Swasta Nurul Hasanah. In Respository Universitas Negeri Malang.
Pratama, D. P. A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Handout Digital Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25327
Rosdiana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95
Sehmuliati. (2021). PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI TENTANG “JAM” DI KELAS VII 2 SMP NEGERI 1 LIRIK. Inovasi Dan Penelitian, 2(6).
Simanjuntak, M., Zuriyati, Z., & Utami, S. (2023). Interaction in Literature Learning: An Ethnographic Study in Jakarta - Bataknese Cultural Perspectives. https://doi.org/10.4108/eai.24-11-2022.2332634
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia.
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. 1(2), 1–11.
Widyaningrum, H. K., Andayani, Suwandi, S., & Wardani, N. E. (2023). The Use of Digital-Based Media in Children’s Literature Learning in Universities During the Pandemic. International Journal of Instruction, 16(3). https://doi.org/10.29333/iji.2023.1634a
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanang Khoirul Umam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.