PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL TENTANG PANDEMI COVID 19 UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA GURU PPKN SMP DI KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1197Keywords:
Menulis, Artikel, Covid 19, Pendidikan, KarakterAbstract
Kemampuan dalam menulis bagi guru saat ini merupakan suatu keharusan. Guru profesional tidak hanya menguasai kemampuan dalam pembelajaran sesuai dengan bidangnya, tetapi kemampuan dalam hal menulis karya ilmiah ini juga menjadi suatu tuntutan yang harus dilakukan oleh guru. Bagi guru kegiatan menulis dalam bentuk karya ilmiah dirasakan sebagai hal yang sulit, padahal karya ilmiah yang dihasilkan guru ini diperlukan dalam peningkatan karier dan peningkatan pengetahuan bagi guru. Namun fakta menunjukkan, bahwa kemampuan guru untuk menulis (artikel) masih sangat rendah. Kira-kira hanya 20% yang mau menulis. Alasan guru jarang menulis artikel adalah karena faktor usia, kemampuan untuk menulis artikel rendah dan kesibukan guru dalam hal administratif. Berdasarkan atas fakta tersebut di atas maka PKM ini diarahkan pada upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menulis artikel tentang covid 19 dalam rangka pendidikan karakter pada peserta didik SMP kota Surabaya. Dengan melakukan penguatan melalui diskusi dan workshop secara online, kemampuan para Guru yang mengikuti program mengalami peningkatan.References
Acstylena, Sita. 2018. Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara. Malang: Madani.
Asfihan, Akbar. Artikel Ilmiah adalah https://adalah.co.id/artikel-ilmiah/ diakses tanggal 26 mei 2020
Hakim, Wildan. 2012. Teknik Menulis Artikel Ilmiah. http://kotaku.pu.go.id:8081/pustaka/files/modul_web/TekniK_Menulis_Artikel_Ilmiah.pdf. Diakses tanggal 26 Mei 2020.
Koesoema, Doni. 2011. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Lickona, Thomas. 2012. Character Matters: Persoalan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Munthe, Bermawi. 2010. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan.
Soewandi.Slamet,. A.M. 2005, Pelangi Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Suparno, Paul, 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Suparno, 2015. Pendidikan karakter di sekolah, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Ritnaningrum, Ratna. Mengapa Guru Tidak menulis Karya Ilmiah: Perspektif Guru. https://www.researchgate.net/publication/328354043. Diakses tanggal 26 Mei 2020
Sudjana, Nana.2009. Tuntunan Penyusunan karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sujana, dkk. 2019. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru SMK YZA Bogor https://www.researchgate.net/publication/335462577. Diakses tanggal 26 Mei 2020
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Strategi Membangun karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuval Noah Harari, The World After Coronavirus, https://www.ft.com/content/19d90308-6858-11ea-a3c9-1fe6fedcca75, diakses pada tanggal 31 Agustus 2020
Azyumardi Azra, Nasionalisme, Etnisitas, dan Agama di Indonesia Tantangan Globalisasi,http://www.setneg.go.id. di akses pada 31 Agustus 2020
Benedict Anderson, ImaginedCommunity: Komunitas-Komunitas Terbayang. Terjemahan oleh Omi Intan Naomi. Jogjakarta, 2002, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Hlm. 9
Undang Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular
https://nasional.tempo.co/read/1373830/insentif-tenaga-kesehatan-covid-19-langsung-ke-rekening-pribadi
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/2020 tentang Pemberian Insentif dan Santunan Kematian Bagi Tenaga Kesehatan Yang Menangani Corona Virus Disease 2019