PENINGKATAN PEMAHAMAN USTADZ/USTADZAH TENTANG GAYA BELAJAR SANTRI DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI KURIKULUM TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1509Keywords:
Pemahaman, Taman pendidikan alqur’an, Ustadz/Ustadzah,Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ustadz/ustadzah tentang gaya belajar santri di masa pandemi melalui optimalisasi kurikulum taman pendidikan alqur’an. Latar belakang pengabdian ini adalah adanya fenomena para santri yang belum dapat menyesuaikan diri dengan pembelajaran di taman pendidikan alqur’an khususnya di masa pandemi. Berdasarkan analisis kebutuhan yang tim pengabdian lakukan, terdapat kesulitan dalam beradaptasi dari para santri dengan pembelajaran di taman pendidikan alqur’an khususnya di masa pandemi. Ustadz/ustadzah di masa pandemi ini memerlukan inovasi yang lebih dalam hal penyampaian materi bagi santri, oleh sebab itu tim pengabdian melakukan pengabdian ini dengan tujuan agar ustadz/ustadzah memperoleh pemahaman mengenai gaya belajar santri yang kemudian harapannya ialah pembelajaran di taman pendidikan alqur’an dapat berjalan dengan lancar. Hasil pengabdian di analisis pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukan bahwa terdapat beberapa penyesuaian kurikulum yang harus di lakukan oleh taman pendidikan alqur’an khususnya di masa pandemi agar pembelajaran dapat optimal yaitu perencanaan waktu dalam belajar dan materi pembelajaran. Gaya belajar santri di masa pandemi menunjukan minat yang naik turun, Sebagian besar santri merasa kurang optimal karena berkurangnya tatap muka dengan ustadz/ustadzah.References
Akmal Hawi. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers,
Hidayah, Y., Halimah, L., Trihastuti, M., Dewie, D. A., Feriandi, Y. A., & Dianasari, D. (2020). How Did Prospective Elementary School Teacher Learn Citizenship Education during the Pandemic Covid-19 in Indonesia? IJERI: International Journal of Educational Research and Innovation, 15, 373–387.
Hidayah, Y., Suyitno, & Retnasari, L. (2019). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Sebagai Pusat Pendidikan Karakter Religus (Pengabdian di TPQ Silastra Condong Catur,TPQ Darul Falah Maguwo Harjo Maguwo Harjo, TPA Al-Huda Caturtunggal,Yogyakarta). Loyalitas, 2(2).
Petersen, A. (2015). Perspectives of Special Education Teachers on General Education Curriculum Access: Preliminary Results. Research and Practice for Persons with Severe Disabilities, 41(1), 19–35. https://doi.org/10.1177/1540796915604835
Rayyan, W. O., Abdi, M. N., Winarsi, E., & Warda. (2020). PENINGKATAN DAYA SAING UMKM MELALUI OPTIMALISASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(3), 97 – 105.
Sukmayadi, T., & Suyitno, S. (2020). Implementasi PPKn berbasis Nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(1). https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp44-53