OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA KKN DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT MELALUI EDUKASI PENGELOLAAN LIMBAH ORGANIK DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Authors

  • Andi Abd Muis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Mohd Resa Putra B Usman Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Mulia Mustika Universitas Muhammadiyah Parepare https://orcid.org/0000-0002-2116-8457
  • Muh Reynaldi Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Rindi Saputri Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Novitasari Novitasari Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Sulfikar Sulfikar Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Agung Agung Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Ilshar Ilshar Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2485

Keywords:

KKN, Limbah Organik, Covid-19

Abstract

Kuliah Kerja Nyata saat pandemi Covid-19 seperti ini berbeda dengan KKN pada umumnya. KKN pada saat pandemi Covid-19 bisa dilakukan secara kelompok langsung di lapangan dan bisa secara mandiri daring. Dengan adanya KKN di tengah pandemi Covid-19 diharapkan Mahasiswa tetap memiliki urgensi pengabdian sehingga dapat mengembangkan kompetensi Mahasiswa dan interaksi dalam bersosial di masyarakat. Limbah merupakan bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala rumah tangga maupun industri. Limbah organik merupakan limbah yang dapat diuraikan secara sempurna melalui proses biologi baik aerob maupun anaerob. Di Kota Parepare sendiri terdapat banyak limbah organik yang berasal dari usaha usaha masyarakat setempat. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait pengolahan limbah organik yang telah dilakukan guna membantu masyarakat mengembangkan kreativitas dan tentunya dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan limbah organik yang berasal dari para pedagang makanan dan kemudian diolah menjadi pupuk tanaman. Melalui artikel ini, kami berharap dapat membantu mengurangi limbah organik di Kota Parepare dan juga membantu masyarakat khususnya yang berada di sektor pertanian.

Author Biographies

Andi Abd Muis, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Parepare

Mohd Resa Putra B Usman, Universitas Muhammadiyah Parepare

Teknik Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Mulia Mustika, Universitas Muhammadiyah Parepare

Akuntansi, Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Parepare

Muh Reynaldi, Universitas Muhammadiyah Parepare

Ilmu Hukum, Hukum, Universitas Muhammadiyah Parepare

Rindi Saputri, Universitas Muhammadiyah Parepare

Kesehatan Masyarakat, FIKES, Universitas Muhammadiyah Parepare

Novitasari Novitasari, Universitas Muhammadiyah Parepare

Teknik Informatika, Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Sulfikar Sulfikar, Universitas Muhammadiyah Parepare

Teknik Elektro, Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Agung Agung, Universitas Muhammadiyah Parepare

Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Parepare

Ilshar Ilshar, Universitas Muhammadiyah Parepare

Perbankan Syariah, FAI, Universitas Muhammadiyah Parepare

References

Afifudin, Pengaruh Berbagai Aktivator Terhadap C/N Rasio Kompos Kotoran, Penerbit CV. Sinar Indah, Bogor, 2011.

Andhika Cahaya, Pembuatan kompos dengan Limbah Padat Organik (Sampah Sayuran dan Ampas Tebu), Tugas Akhir, Jurusan Teknik Kimia UNDIP, 2009.

Elmi Sundari, Ellyta Sari, Riko Rinaldo, Pembuatan Pupuk Organik Cair Menggunakan Bioaktivator Biosca dan EM4, Prosiding SNTK TOPI 2012, Pekanbaru 11 Juli 2012.

Endang Yulistiawati, Pengaruh Suhu dan C/N Rasio Terhadap Produksi Biogas Berbahan Baku Sampah, Skripsi S1, Jurusan Teknologi Pertanian IPB, 2008.

Nurjayanti, Zulfita D, Raharjo D. Pemanfaatan Tepung Cangkang Telur Sebagai Subtitusi Kapur Dan Kompos Keladi Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Cabai Merah Pada Tanah Aluvial. J Sains Mhs Pertan. 2012;1(3):16–21.

Nurjanah, Susanti R, & Nazip K. 2017. Pengaruh pemberian tepung cangkang telur ayam (Gallus gallus domesticus) terhadap pertumbuhan tanaman caisim (Brassica juncea L.) dan sumbangannya pada pembelajaran biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional IPA 2017

Noviyanti AR, Haryono, Pandu R & Eddy DR. 2017. Cangkang telur ayam sebagai sumber kalsium dalam pembuatan hidroksiapatit untuk aplikasi graft tulang. Chemica et Natura Acta. 5(3), 107 – 111

Sitohang F, Yelmida A & Zulnitiar. 2016. Sintesis hidroksiapatit dari precipitated calcium carbonate (PPC) kulit telur ayam ras melalui metode hidrotermal. Jurnal Onlie Mahasiswa Fakultas Teknik. 3(2), 1 – 7

Siahaya, Victor. (2014). Uji Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya) Terhadap Larva Plutella xy- lostella (Lepidoptera:Plutellidae). AGROLOGIA - Jurnal Ilmu Budidaya Tanaman, 3, 112-116.

Sunarjono, H.A., A. Soetasad, & S. Muryanti. (2013). Budidaya Terung Lokal dan Terung Jepang. Penebar Swadaya, Jakarta.

Downloads

Published

2021-10-15 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Muis, A. A., Usman, M. R. P. B., Mustika, M., Reynaldi, M., Saputri, R., Novitasari, N., Sulfikar, S., Agung, A., & Ilshar, I. (2022). OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA KKN DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT MELALUI EDUKASI PENGELOLAAN LIMBAH ORGANIK DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 618–623. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2485 (Original work published October 15, 2021)