SOSIALIASI PEMASARAN DIGITAL: MEMAKSIMALKAN POTENSI EKONOMI UNTUK MENUJU MASYARAKAT YANG MANDIRI DENGAN BERWIRAUSAHA

Authors

  • Febrian Maulana Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Syamsul Hilal Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Hanif Hanif Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21852

Keywords:

Pemasaran, Ekonomi, Masyarakat, Wirausaha

Abstract

Peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat adalah tujuan krusial dalam upaya menciptakan fondasi yang kokoh bagi kemajuan sosial dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk memberitahu sosialiasi pemasaran digital untuk memaksimalkan potensi ekonomi masyarakat melalui kegiatan wirausaha. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di daerah Lampung dengan beragam latar belakang sosial-ekonomi untuk mendapatkan perspektif yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital memiliki potensi untuk membantu pengembangan kewirausahaan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Melalui pendekatan masyarakat dapat mengidentifikasi peluang bisnis, mengembangkan keterampilan, dan memanfaatkan sumber daya lokal. Pentingnya pembinaan dan pendampingan berkelanjutan dalam membangun kapasitas wirausaha menjadi poin kunci dalam keberhasilan inisiatif ini. Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan terkait program wirausaha dapat meningkatkan rasa kepemilikan dan komitmen terhadap upaya kemandirian ekonomi. Dengan menggali potensi ekonomi melalui wirausaha, masyarakat dapat mengalami peningkatan pendapatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan lembaga pendidikan, dalam merancang dan melaksanakan program yang memaksimalkan pemasaran digital untuk meningkatkan potensi ekonomi untuk masyarakat yang mandiri.

References

Diana Lestari, Masruchin, F. N. L. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Franchise Pentol Kabul Dalam Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Tabarru: Islamic Banking and Finance, 5(1), 216–229.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa. Jurnal Moderat, 6(1), 135–143.

Firdaus, R., & Faizasari, A. (2022). Community Of Pastry MSME Actors In Tanah Datar Regency Analisis Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Studi Pada Masyarakat Pelaku UMKM Kue Kering Di Kabupaten Tanah Datar. 3(September), 2879–2897.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43.

I Wayan Ruspendi Junaedi, F. S. P., & Andriani, A. S. L. (2022). Manajemen Pemasaran Implementasi Strategi Pemasaran di Era Society 5.0. CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Indah Andayani, Maria Veronika Roesminingsih, W. Y. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal Volume, 16(1), 12–20.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33.

Laksono, B. A., & Rohmah, N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Sosial Dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal Volume, 14(1), 1–11.

Lukman, A. I. (2021). DIKLUS?: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda Community Empowerment through Non-Formal Education in Tiara Dezzy Community Learning Center Samarinda. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190.

Magdalena, H., & Santoso, H. (2021). Sosialisasi Pemasaran Digital Bagi Pelaku Industri Rumahan di Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1054–1063.

Mahilda Anastasia Putri, R. O. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru: Islamic Banking and Finance, 4(2), 431–444.

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50.

Margayaningsih, D. I. (2019). Peran Masyarakat Dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa. Publiciana, 11(1), 72–88.

Nabila Veren Estefany, Masruchin, F. N. L. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. SYARIKAT?: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 181–195.

Patilaiya, H. La, & Rahman, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat LPIP UMP, 2(2), 251–258.

Pradela, I., Aprianto, R., & Idayati, I. (n.d.). Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT . Raihan Maju Mandiri dengan Loyalitas Karyawan Sebagai Variabel Intervening. 5(1), 39–47.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Resya Dwi Marselina, M. H. A. (2023). Manajemen Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Ahass Honda Darma Perdana Cilengkrang. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, Dan Manajemen), 7(1), 144–152.

Ri’aeni, I. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pada Produk Kuliner Tradisional. LUGAS Jurnal Komunikasi, I(2), 141–149.

Rokimin, Dudun Ubaedullah, Idham, L. P. R. (2022). Manajemen Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Mafatihul Hikmah Jati Agung Lampung Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 93–103.

Setiawan, S., & Mauluddi, H. A. (2019). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Halal Di Kota Bandung. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(2), 232–246. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i2.1849

Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). MENGENAL PEMASARAN DIGITAL DAN MARKET PLACE?: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53.

Sulistyan, R. B., Setyobakti, M. H., & Darmawan, K. (2019). Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pembentukan Destinasi Wisata dan Usaha Kecil. Empowerment Society, 2(2), 1–7.

Uliyatul Laili, R. A. D. A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 5(1), 8–12.

Wahyuni, D. (2018). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial |, 9(1), 83–100.

Yuniarti, P., Wianti, W., & Nurgaheni, N. E. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.36407/serambi.v2i3.207

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Putra, F. M. ., Hilal, S. ., & Hanif, H. (2023). SOSIALIASI PEMASARAN DIGITAL: MEMAKSIMALKAN POTENSI EKONOMI UNTUK MENUJU MASYARAKAT YANG MANDIRI DENGAN BERWIRAUSAHA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10912–10919. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21852