PENYULUHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI UMKM BERBASIS DIGITAL DI FIJ BOJONEGORO JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40186Keywords:
Kemandirian, Ekonomi, Digital, MarketingAbstract
Potensi lokal merupakan suatu aset nasional yang jika dimaanfaatkan secara maksimal dapat menambah pendapatan nasional untuk kesejahteraan rakyat. Namun, masyarakat Indonesia masih didominasi oleh kalangan yang secara praktis masih berada pada garis kemiskinan. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan angka kemiskinan meningkat hingga 28,95 juta atau mencapai 12.25 persen dari total penduduk di Indonesia. Salah satu penyebabnya, yaitu kurangnya sosialisasi dan penerapan pendidikan ekonomi kreatif di lingkungan masyarakat yang berada di wilayah pelosok, seperti Kabupaten Bojonegoro di Provinsi Jawa Timur yang memiliki beragam potensi lokal diberbagai sektor UMKM. UMKM merupakan produk sumber penunjang ekonomi bagi masyarakat Desa Alastengah. Ironisnya, selama terbentuknya UMKM ini, hasil penjualan selalu mengalami penurunan, maka diperlukan sebuah inovasi kreatif dan inovatif bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, tim menggagas program Pengabdian Masyarakat guna mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis digital, sebuah program yang dapat membentuk masyarakat yang memiliki jiwa entrepreneurship dan kompetitif dengan pemberian edukasi terkait ekonomi kreatif. Sehingga tidak hanya terbatas pada strategi pemasaran lewat digital marketing saja.References
Agung, A. A. G. (2015). Pengembangan model wisata edukasi-ekonomi berbasis industri kreatif berwawasan kearifan lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 585–597. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6380
Dewi Mahrani Rangkuty, Mesra B, A. A. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Edukasi Konsep Ekonomi Kreatif Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Binjai Kota. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2), 57–62.
Hasan, M., Noercahyo, A., Rani, A. E., Salshabilla, N. A., & Izzati, S. N. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Sektor UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 125–138. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p125-138
Pambudi, A. R., & Rahardjo, B. (2021). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 3(5), 925–932. Retrieved from http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Putri, S. R., Husin, M., Muzaki, N., & H, D. F. R. (2021). Edukasi Tentang Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa UTP Surakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta). Pengabdian Masyarakat Tunas Membangun, 1(2), 1–4.
Rahmawati, I., Lestari, H., & Fahrurrobi, N. (2022). Peningkatan Ekonomi Kreatif Melalui Pendampingan dan Edukasi Usaha. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 356–361. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i3.2015
Rika Pristian Fitri A, Ali Mujahidin, Meiga Ratih T, Siti Ermawati, P. N. (2021). Peningkatan Ekonomi Kreatif Masyarakat Melalui Pembuatan Kerajinan Bunga Dari Bahan Dasar Sabun Mandi Di Desa Kedaton Kecamatan Kapas. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 9(2), 106–111.
Yarmaliza, Y., Nih Farisni, T., Fitriani, F., Zakiyuddin, Z., Reynaldi, F., Syahputri, V. N., & Rinaldy, R. (2022a). Edukasi Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir Menuju Ketahanan Pangan Keluarga Di Masa Pandemi Covid 19. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 397–402. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i3.142
Yarmaliza, Y., Nih Farisni, T., Fitriani, F., Zakiyuddin, Z., Reynaldi, F., Syahputri, V. N., & Rinaldy, R. (2022b). Edukasi Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir Menuju Ketahanan Pangan Keluarga Di Masa Pandemi Covid 19. Logista : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 397–402. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i3.142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Edy Suhartono, Reza Anggapratama, Siti Patonah, Farida Isroani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.