ANALISIS KETERSEDIAAN AIR BERSIH DAN PENYEDIAAN AIR MINUM RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BAGAN DELI KECAMATAN BELAWAN KABUPATEN DELI SERDANG

Authors

  • Meutia Nanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Pelangi Asy- Syifaa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aisyah Fadila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rabiatul Zuhra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mutiara Yusuf Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Priscilla Wulandari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisah Ariani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17461

Keywords:

Air Bersih, Air Minum, Sanitasi

Abstract

Latar Belakang : Berkembangnya zaman dan semakin majunya era globalisasi maka semakin pesat pula peradaban dunia khususnya pada perkembangan kota. Dengan berkembangnya kota dan pertambahan penduduk, tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga mempengaruhi kebersihan lingkungan sekitar seperti ketersediaan air bersih sebagai penyediaan air rumah tangga dan air minum masyarakat. Pemukiman kota yang sangat pesat dengan banyaknya pembangunan industri ditambah lagi dengan meningkatnya angka pertambahan penduduk menjadi faktor utama dalam masalah lingkungan. Masalah kesehatan ini terhususnya pada lingkungan Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Belawan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Metode Penelitian : Metode pada penelitian ini adalah  kualitatif desktiptif , dengan melakukan wawancara serta observasi mendalam  . Hasil & Pembahasan: Sumber air bersih di wilayah Bagan Deli, Belawan sendiri adalah bersumber dari galian sumur bor. Jadi, terkait hasil wawancara yang juga dilakukan oleh peneliti mendapatkan bahwa hampir seluruh penduduk di daerah tersebut memenuhi air bersih dirumah nya melalui sumur bor yang di aliran pada kran rumah warga masing-masing. Dan warga membayar kurang lebih Rp.10.000 / 2 jam dalam sekali pengambilan. Dan untuk air yang di minum atau yang dikonsumsi sehari-hari sebagian warga memasak air dan sebagian beli air isi ulang sebesar Rp.5.000. Kesimpulan : ketersediaan air bersih dan penyediaan air minum di Wilayah Bagan Deli, belawan adalah air gali sumur bor yang dialirkan pada rumah warga masing-masing. Air sumur bor tersebut sekira sudah mencukupi kebutuhan air sehari-hari warga daerah tersebut.

References

Badu, Afriani. 2012. Gambaran Sanitasi Dasar Pada Masyarakat Nelayan di Kelurahan Pohe KecamatanHulonthalangi Kota Gorontalo. Jurnal. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Netti Etalia, dkk. (2016). Hubungan Pemgetahuan Ibu rumah tangfa dengan penerapan sanitasi dasar di kelurahan belawan. Jurnal.kesehatan masyarakat.

Profil Kesehatan Sumatera Utara. 2012. Tentang Keadaan Lingkugan.

Profil Kesehatan Sumatera Utara. 2012. Tentang Keadaan Lingkungan.

Sumbogo, T. (2014). Air Bersih dan Sanitasi. Amerta Publishing, Jalan Pulo Asem Utara A. 20, Jati, Pulogadung, Jakarta Timur.

Triono, M. O. (2018). Access Clean Water In The Community Of Surabaya City and Their Bad Impacts Clean Water Access To Surabaya Community Productivity. JIET (Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan), 3(2), 143-153.

Triwibowo, C & Pusphandani, M. E. (2015).Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta : Nuha Medika.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Nanda, M. ., Syifaa, P. A.-., Fadila, A. ., Zuhra, R. ., Yusuf, M. ., Wulandari, P. ., & Harahap, A. A. . (2023). ANALISIS KETERSEDIAAN AIR BERSIH DAN PENYEDIAAN AIR MINUM RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BAGAN DELI KECAMATAN BELAWAN KABUPATEN DELI SERDANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5704–5707. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17461

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.