PENYULUHAN TENTANG DAN CARA MENANGANI STUNTING DENGAN PEMENUHAN GIZI PADA BAYI DAN BALITA FI POSYANDU SAMIRAN DESA SAMIRAN

Authors

  • Yuliatun Yuliatun Universitas Islam Madura
  • Layla Imroatus Zulaikha Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28635

Keywords:

Pemenuhan Gizi, Bayi Dan Balita, Terapi Komplementer,

Abstract

Hasil Survei menunjukkan lebih dari 8o% mengalami kekurangan gizi. Pengurangan pemenuhan kebutuhan nutrizi secara farmakologi dapat menimbulkan efek samping yang tidak dikehendaki. Tindakan penyuluhan dengan terapi komplementer yang lebih alamiah secara non farmakologi untuk meringankan gejala stunting . Banyak keuntungan yang didapat, biaya murah, efek kesehatan yang holistik dan menyeluruh, terhindar dari efek obat-obatan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah posyando penanggung jawab UKS  mendapatkan pengetahuan, keterampilan yang memadai tentang pemenuhan gizi, yang nantinya bisa memberikan pertolongan pada bayi dan balita yang mengalami stunting di desa samiran, sehingga tidak mengganggu proses pembelejarannya. Penanggung jawab UKS bisa memberikan pembelajaran kepada teman sebanyak, dan sebagai upaya mendukung program posyandu. Metode kegiatan berupa  pemberikan wawasan penyuluhan tentang pemenuhan gizi, melatih skill sesuai dengan panduan yang standar. Hasil pengabdian menunjukan adanya peningkatan pengetahuan tentang oemenuhan gizi sebelum dan sesudah penyuluhan dari kategori pengetahuan cukup menjadi kategori pengetahuan baik. Keterampilan bayi dan balita  yang mengikuti pelatihan tentang pemenuhan gizi semua dalam kategori baik. Diharapkan dapat  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh para bayi dan balita mampu  mengaplikasikan pada diri sendiri

References

Cahyana, Septa Aji, and Susi Dyah Puspowati. "Hubungan Pola Asuh Gizi dan Kesehatan dengan Status Gizi pada Baduta di Puskesmas Sangkrah Kota Surakarta." PhD diss., Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Karimah, Dienna, Nunung Nurwati, andGigin Ginanjar Kamil Basar. "Pengaruh Pemenuhan Kesehatan Anak Terhadap Perkembangan Anak." Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2.1 (2015).

Khofiyah N. Hubungan antara status gizi dan pola asuh gizi dengan perkembangan anak usia 6-24 bulan. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia. 2019 Jun 30;3(1):37-48.

Muliah, Nafijah, Agus Sri Wardoyo, and Trias Mahmudiono. "Hubungan frekuensi penimbangan, penggunaan garam beryodium, dan pemberian vitamin A dengan kejadian underweight pada balita di Provinsi Jawa Timur." Media Gizi Indonesia 12.1 (2017): 40-46.

Nuzula, Firdawsyi. "Analisis Antara Status Gizi dan Pola Asuh Gizi dengan Perkembangan Anak Usia 6-24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Kalibaru." Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida 6.1 (2019): 73-76.

Setiawati, Mutiah, and Mitro Subroto. "Pemenuhan Gizi Berdasarkan AKG Bagi Anak di Lembaga Pemasyarakatan Mengenai Hak Mendapatkan Makanan yang Layak." JURNAL GIZI DAN KESEHATAN 13.2 (2021): 1-11.

Susanto, Ahmad. Perkembangan anak usia dini. Kencana, 2020.

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Yuliatun, Y., & Zulaikha, L. I. . (2024). PENYULUHAN TENTANG DAN CARA MENANGANI STUNTING DENGAN PEMENUHAN GIZI PADA BAYI DAN BALITA FI POSYANDU SAMIRAN DESA SAMIRAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4479–4481. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28635