PELATIHAN TEKNIK JARIMATIKA BAGI SISWA MI WILAYAH FATIMATUZ ZAHRO PONDOK PESANTREN NURUL JADID

Authors

  • Arini Hidayati Universitas Nurul Jadid
  • Siti Fatimah Universitas Nurul Jadid
  • Masrurotul Khasanah Universitas Nurul Jadid
  • Sasmiati Sasmiati Universitas Nurul Jadid
  • Musyarrofah Musyarrofah Universitas Nurul Jadid
  • Qurrotud Diana Universitas Nurul Jadid
  • Siti Naiesa Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1702

Keywords:

jarimatika, perkalian, pembagian

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh tim KKN Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid, yang bertempat di Wilayah Fatimatuz Zahro, Ponpes Nurul Jadid, Paiton Probolinggo. Peserta pelatihan merupakan siswa MI yang berstatus santri di Ponpes Nurul Jadid. Kegiatan pengabdian ini dimotivasi karena adanya kecenderungan guru yang memaksa siswa untuk menghafal dalam menyampaikan konsep operasi bilangan. Hal ini dapat menyebabkan siswa menjadi bosan dan menghasilkan nilai matematika yang rendah. Oleh karena itu, kami bermaksud untuk memberikan pelatihan teknik jarimatika kepada siswa MI di wilayah Ponpes Nurul Jadid, dengan tujuan supaya mereka lebih tertarik dalam belajar matematika dan lebih mudah dalam menyelesaikan operasi bilangan, khususnya operasi perkalian dan pembagian. Pelatihan Jarimatika memberikan teknik perhitungan matematika dengan cepat, tepat dan menyenangkan melalui perhitungan menggunakan jari tangan. Dengan teknik jarimatika dapat memberikan inovasi untuk belajar matematika tanpa menggunakan alat hitung. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan ini dapat berjalan dengan dukungan semangat para peserta untuk memahami penerapan jarimatika. Hasil dari pelatihan ini diantaranya, peserta lebih termotivasi dan antusias dalam belajar matematika, dan meningkatnya kemampuan mereka dalam melakukan perhitungan dengan cepat dan tepat dengan menggunakan jari. Melalui pelatihan ini semoga dapat merubah paradigma bahwa matematika tidak sulit tetapi mudah dan meyenangkan.

Author Biographies

Arini Hidayati, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Siti Fatimah, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Masrurotul Khasanah, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Sasmiati Sasmiati, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Musyarrofah Musyarrofah, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Qurrotud Diana, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Siti Naiesa, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

References

Hamdunah, Fitri, D. Y., & Cesaria, A. (2014). Pelatihan Jarimatika Perkalian bagi Guru-Guru di SDN 02 Lubuk Buaya. Jurnal LEMMA, 1(1), 20-25.

Husna, A. (2017). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika untuk Menanamkan Konsep Cara Mudah Menghitung Perkalian pada Siswa Sekolah Dasar RW. 01 Kelurahan Kibing. Jurnal Minda Baharu, 1(1), 19-24.

Lanya, H., Aini, S. D., & Irawati, S. (2020). Pelatihan Metode Jarimatika sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(2), 390-398.

Nasution, T. K., & Surya, E. (2016). Penerapan Teknik Jarimatika dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Bilangan. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 239-272.

Payung, Z. (2014). Penerapan Jarimatika untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Siswa Kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu. Jurnal KIP, 3(2), 563-573.

Pramita, D. (2017). Pengenalan dan Pelatihan Berhitung dengan Jarimatika dan Sempoa di SDN 10 Ampenan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 1(1), 46-51.

Refianti, M., Hartini, S., & Gunandi, F. (2019). Kemampuan Operasi Perkalian Siswa Tunanetra Menggunakan Metode Jarimatika. Prosiding Seminar Matematika dan Sains Departemen Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra, (pp. 60-67). Indramayu, 19 September.

Sukriadi, Rahmah, H., & Sere, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan FKIP UNMUL I, (pp. 78-86). Samarinda, 24 Agustus.

Suryowati, K., Setyawan, Y., & Jatipaningrum, M. T. (2016). Pelatihan Jarimatika untuk Inovasi Pembelajaran Matematika bagi Jamaah Musholla Al-Hidayah Desa Sukoharjo, Kec. Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, 1(1), 80-86.

Syaharuddin, & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Menggunakan Metode Jarimatika. JCES FKIP UMMat, 1(1), 30-33.

Wardana, P. D., Suyitno, & Handayani, D. E. (2018). Keefektifan Jarimatika bagi Hasil Belajar Materi Perkalian Bilangan pada Siswa Kelas II SD Genting 02 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD Bekerjasama dengan Program Studi PGSD, (pp. 590-598). Semarang, 9 Mei.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Hidayati, A., Fatimah, S., Khasanah, M., Sasmiati, S., Musyarrofah, M., Diana, Q., & Naiesa, S. (2021). PELATIHAN TEKNIK JARIMATIKA BAGI SISWA MI WILAYAH FATIMATUZ ZAHRO PONDOK PESANTREN NURUL JADID. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 266–273. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1702