PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO RUMAH JAHIT AKHWAT SIDRAP

Authors

  • Asnadia Asnadia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Moh. Aris Pasigai Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sherry Adelia Natsir Kalla Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42769

Keywords:

Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan citra merek terhadap Keputusan pembelian produk pada Toko Rumah Jahit Akhwat Sidrap. Sampel ini diambil dari konsumen yang telah melakukan pembelian di Toko Rumah Jahit Akhwat Sidrap. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan dan berhubungan dengan masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan pembagian kuesioner. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan dalam pengumpulan data mencakup data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode skala likert. Berdasarkan hasil penelitian data dengan menggunakan perhitungan statistic melalui aplikasi Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 26 mengenai pengaruh harga dan citra merek terhadap Keputusan pembelian produk pada Toko Rumah Jahit Akhwat Sidrap yang telah dibahas, maka penulis menarik menarik Kesimpulan penting yaitu harga dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian konsumen.  Hal ini menunjukkan bahwa strategi penetapan harga yang sesuai serta citra merek yang baik dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian, pengelolaan harga dan citra merek yang efektif dapat menjadi strategi penting dalam meningkatkan daya saing bisnis dan loyalitas pelanggan.

References

Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.

Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111

Anggraini, D. S., Thaha, S., & Jambi, S. (n.d.). KEMASAN ( Studi Kasus Mahasiswa FEBI Uin Sts Jambi ) Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri.

Ariyanto, A. (2023). Manajemen Pemasaran. In Widina Bhakti Persada Bandung.

Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. In Management Pemasaran (Issue April).

Authors, & Gunawan, F. S. A. C. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. https://osf.io/preprints/inarxiv/npjqh/

Azuwandri, A., Charolina, O., Hidayat, R. Al, Hartono, R., & Akmal, S. (2022). Pembinaan Cara Pengemasan Dan Pemasaran Produk Agar Terlihat Lebih Menarik Di desa Pasar Pedati kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Semarak Mengabdi, 1(2), 41–46. https://doi.org/10.56135/jsm.v1i2.57

Dr. (Cand) Aditya Wardhana, S. E. . M. M. . M. S. (2020). Brand Image Dan Brand Awareness. Brand Marketing: The Art of Branding, January.

Hafidh Fauzi, D. (2021). Determinasi Keputusan Pembelian Dan Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), 790–800. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.645

Hartono, C., & Tjiptodjojo, K. I. (2024). Pengaruh Kesadaran dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2691–2697. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3793

Jullia, M., & Finatariani, E. (2024). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 913–923. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1024

Khasanah, S. H., Ariani, N., & Argo, J. G. (2021). Analisis Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 394–411.

Kualitas, P., Dan, L., Terhadap, H., Pada, P., Studi, G., & Kecamatan, W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok Di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1. https://doi.org/10.29103/j-mind.v6i1.4870

Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 128–136.

Melda, Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). Program Studi Manajemen. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2), 143–149.

Muslimin, S., Zainab, Z., & Jafar, W. (2020). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37146/ajie.v2i1.30

Musyawarah, I. Y. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Pembelian Produk Busana Muslim pada Toko Rumah Jahit Akhwat (RJA) di Kabupaten Mamuju. Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1), 49–59.

Nasution, L. K., Murni, M., & Dewi, I. S. (2020). Peningkatan Produktivitas dan Penjualan pada UMKM Pakaian Muslimah Ummu Syuraih di Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 3(1), 349. https://doi.org/10.22146/jp2m.49367

Nasution, M. I. S., Yulia, I. A., & Fitrianti, D. (2024). Pengaruh Pengungkapan Enviromental, Social dan Governance (ESG) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2023). Jurnal EMT KITA, 8(4), 1255–1264. https://doi.org/10.35870/emt.v8i4.2939

Nilda, janna miftahul. (2021). Variabel dan skala pengukuran statistik. Jurnal Pengukuran Statistik, 1(1), 1–8.

Putra, P. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Mie Sedaap. Jurnal Kewirausahaan, 8(1), 72.

Qolbi, N., & Hermansyah, T. (2023). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Sanford di Sinar Mart Batam. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 299–310.

Suhartini, M., Khotimah, K., & Hidayat, R. (2020). Persepsi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Terhadap Produk Sehat Di Asri Organik- Sehat Tambakrejo Jombang. Agrosaintifika : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 2(2), 131–145. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/agriwarta/article/view/885

Sya’idah, E. H. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(3), 204. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i3.1106

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663

Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Downloads

Published

2025-03-13

How to Cite

Asnadia, A., Pasigai, M. A., & Kalla, S. A. N. (2025). PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO RUMAH JAHIT AKHWAT SIDRAP . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1943–1955. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42769

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.