PENDAMPINGAN BELAJAR RUMUS LINGKARAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PALU (PAPAN LUAS) LINGKARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1682Keywords:
Pendampingan, alat peraga, lingkaranAbstract
Lingkaran adalah salah satu materi matematika yang dipelajari sejak Sekolah Dasar, namun ada beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan luas lingkaran. Hal ini ditunjukkan dengan kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan saat menyelesaikan soal. Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan belajar rumus luas lingkaran menggunakan alat peraga PALU LINGKARAN pada santri kelas VIII Pondok Pesantren Tahsinul Akhlak. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media PALU LINGKARAN. Pada saat sebelum menggunakan media PALU LINGKARAN hasil pre test menunjukkan bahwa sebanyak 60% santri tuntas belajar dan 40% santri belum tuntas belajar serta nilai rata-rata pre test mereka yaitu 64,33. Selanjutnya, setelah menggunakan media PALU LINGKARAN hasil post tes menunjukkan bahwa sebanyak 93,33% santri tuntas belajar dan 6,67% santri belum tuntas belajar, sedangkan rata-rata nilai post test mereka adalah 87,33. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa media PALU LINGKARAN dinilai berhasil meningkatkan pemahaman santri terhadap materi konsep luas lingkaran.References
Borzekowski, D.L.G. (2018) A quasi-experiment examining the impact of educational cartoons on Tanzanian Children. Journal of Applied Developmental Physchology, 54, 53-59.
Damayanti, N.W. , Mayangsari, S.N., & Mahardhika, L.T. (2017). Konstruksi Rumus Luas Lingkaran Berbasis Media Manipulatif dalam Setting Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Edutic, 3(2), 117-124.
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Pangadongan, F.V. (2019). Pelatihan kepada Guru SD untuk Mengajarkan Konsep Luas Bidang Datar dengan Menggunakan MEQIP (Mathematics Education Quality Improvement). International Journal of Community Service Learning, 3(2), 56-62.
Muhsetyo, G. (2009). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Perbowo, K.S., Maarif, S., & Pratiwi, A. (2019). Perceptions of Mathematics Teachers in Marginal Regions Toward the Use of ICT and Manipulative Tools as Learning Media. Journal of Physics: Conf. Series1315 012042.
Putriani, D. & Rahayu, C. (2018). The Effect of Discovery Learning Model Using Sunflowers in Circles on Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Trendsin Mathematics Education Research, 1(1), 22-25.
Surya, E. (2012). Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 41-50
Ulfah, U., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2017). Students’ Mathematical Creative Thinking trough Problem Posing Learning. Journal of Physics Conf. Series 895012097
Ulyani, O. & Qohar, A. (2021). Development of Manipulative Media to Improve Students’ Motivation and Learning Outcomes on the Trigonometry Topic. AIP Conference Proceedings 2330, 040035(2021).
Utari, D.R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545-552.