PENGENALAN VAKSINASI COVID-19 DAN PHBS DI TPQ PERMATA JOMBOR SUKOHARJO

Authors

  • Nestri Handayani Universitas Sebelas Maret
  • Inayatush Sholihah Universitas Sebelas Maret
  • Novita Dhewi Ikakusumawati Universitas Sebelas Maret
  • Rasmaya Niruri Universitas Sebelas Maret
  • Fea Prihapsara Universitas Sebelas Maret
  • Yeni Farida Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15588

Keywords:

COVID-19, PHBS, Vaksinasi Anak

Abstract

Seiring dengan perkembangan kasus COVID-19 yang melandai, beberapa daerah kini mulai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tidak hanya pada pendidikan formal namun juga pendidikan non-formal. Pendidikan nonformal dapat dilaksanakan dimana saja seperti jalur pendidikan Taman Pendidikan Al Quran (TPQ). Santriwan dan santriwati yang masih tergolong anak-anak juga harus dilindungi supaya tidak terjadi penyebaran virus melalui kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di TPQ. Pemberian pengetahuan tentang PHBS dan vaksinasi COVID-19 sangat penting untuk merubah sikap dan perilaku anak terutama dalam menghadapi pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di TPQ Permata Jombor berada di Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Penyuluhan diintegrasikan dengan kegiatan TPQ yang pelaksanaannya lebih fleksibel dan mencakup siswa-siswi dari usia 4 hingga 12 tahun. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah edukasi berbasis aktivitas untuk menarik perhatian siswa dan mempermudah siswa dalam memahami materi. Informasi disampaikan melalui video edukasi, buku cerita bergambar, leaflet, buletin dan poster. Sebanyak 37 siswa mengikuti kegiatan ini dan semua siswa sangat interaktif. Hasil dari kegiatan ini siswa menjadi paham pentingnya vaksinasi serta penerapan PHBS untuk mencegah penularan virus COVID-19. Dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari COVID-19  

References

Center for Disease Control and Prevention (CDC). (2021). Science Brief: Transmission of SARS-CoV-2 in K-12 Schools and Early Care and Education Programs – Updated. Diunduh dari https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/science/science-briefs/transmission_k_12_schools.html tanggal 21 Januari 2022

CNN Indonesia. (2021). KPAI Catat 350 Ribu Anak Terpapar Covid-19, 777 Meninggal. Diunduh dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210812154321-20-679586/kpai-catat-350-ribu-anak-terpapar-covid-19-777-meninggal tanggal 14 Januari 2022

Harvard Health Publishing. (2022). Coronavirus outbreak and kids. Advice on playdates, social distancing, and healthy behaviors to help prevent infection. Diunduh dari https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/coronavirus-outbreak-and-kids tanggal 15 Januari 2022

Kemenkes RI. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2269/Menkes/Per/XI/2011 Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lestari, Raka. (2021). Kondisi Covid-19 pada Anak di Indonesia Berdasarkan Hasil Riset IDAI. Diunduh dari https://www.medcom.id/gaya/wabah-covid-19-pada-anak/Gbmor4PK-kondisi-covid-19-pada-anak-di-indonesia-berdasarkan-hasil-riset-idai tanggal 14 Januari 2022

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/6688/ 2021 Tentang Pelaksanaan

Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Bagi Anak Usia 6 (enam) sampai dengan 11 (sebelas) Tahun. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, Bambang. (2021). Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Data Riset Kesehatan Dasar. Diunduh dari https://promkes.kemkes.go.id/gerakan-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-dalam-data-riset-kesehatan-dasar tanggal 21 Januari 2022

Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865

Sari, Haryanti Puspa. (2021). IDAI: Jawa Tengah Catat Kasus Kematian Covid-19 pada Anak Terbanyak. Diunduh dari https://nasional.kompas.com/read/2021/09/27/09452731/idai-jawa-tengah-catat-kasus-kematian-covid-19-pada-anak-terbanyak tanggal 12 Januari 2022

Satgas covid. (2022). Peta Sebaran. Diunduh dari https://covid19.go.id/peta-sebaran tanggal 15 Januari 2022

Tsankov, B. K., Allaire, J. M., Irvine, M. A., Lopez, A. A., Sauvé, L. J., Vallance, B. A., & Jacobson, K. (2021). Severe COVID-19 Infection and Pediatric Comorbidities: A Systematic Review and Meta-Analysis. International Journal of Infectious Diseases, 103, 246–256. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.11.163

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.440

Zulaikhah, S. T., Prayoga, I., Ratnawati, R., & Sahariyani, M. (2020). Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Berhubungan Dengan Indeks Keluarga Sehat (IKS). Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 11(3), 302. https://doi.org/10.33846/sf11316

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Handayani, N. ., Sholihah, I. ., Ikakusumawati, N. D. ., Niruri, R. ., Prihapsara, . F. ., & Farida, Y. . (2023). PENGENALAN VAKSINASI COVID-19 DAN PHBS DI TPQ PERMATA JOMBOR SUKOHARJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4674–4679. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15588

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.