EDUKASI ANEMIA REMAJA PUTRI DAN PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN PASCA PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH DI SMP AL-MA’ARIF KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Novianti Rizki Amalia Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya
  • Heni Aguspita Dewi Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya
  • Meti Sulastri Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya
  • Maria Ulfah Jamil Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya
  • Lina Marlina Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya
  • Eneng Daryanti Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya
  • Iis Sopiah Suryani Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya
  • Heni Nurakilah Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28893

Keywords:

Anemia, Hemoglobin, Pendidikan, Tablet Menambah Darah, Wanita Remaja

Abstract

Dalam rangka mendukung program pencegahan anemia pada remaja dan anak sekolah, sesuai hasil obeservasi didapatkan bahwa siswi belum mengetahui mengenai manfaat tablet tambah darah pada wanita, serta belum diadakannya pemeriksaan kepada remaja putri. Maka pihak sekolah mengharapkan adanya pendidikan kesehatan mengenai pentingnya tablet tambah darah untuk remja putri. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi tentang anemia dan melakukan pemeriksaan pasca pemberian Tablet Tambah Darah. Metode pengabdian ini menggunakan pendekatan Pengabdian Partisipatory Action Research (PAR). Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya berkerjasama dengan mitra lembaga SMP Al-Ma’arif Kota Tasikmalaya. Kegiatan dimulai dengan melaksanakan sosialisasi kegiatan ke sekolah terkait dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilaksankan pada bulan November-Desember 2023. Selanjutnya dilaksanakan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi kepada siswa secara ofline. Media yang digunakan adalah leaflet. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan Hb dengan menggunakan essy touch dan pengambilan sampel darah 3cc (khusus untuk remaja putri dengan anemia). Hasil pengabdian menunjukkan bahwa hasil observasi yang dilakukan kepada 140 siswi putri di SMP Al-Ma’Arif kota Tasikmalaya didapatkan pemahaman siswi mengenai anemia, rendahnya pemahaman bahwa anemia bisa menimbulkan dampak lainnya anemia pada remaja putri yaitu keterlambatan pertumbuhan fisik, gangguan perilaku serta emosional, menghambat perkembangan psikomotor, merusak kinerja kognitif, dan kinerja skolastik. Dan dikemudian hari akan terjadi komplikasi dalam kehamilan dan persalinan serta bayi dan balita. Selain itu melakukan obervasi terhadap kadar Hb dari remaja putri pasca konsumsi tablet tambah darah. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang anemia dan deteksi dini terhadap anemia. Kegiatan dilakukan SMP Al-Ma’arif Kota Tasikmalaya.

References

Ainurrafiq, A., Risnah, R., & Azhar, M. U. (2019). Terapi non farmakologi dalam pengendalian tekanan darah pada pasien hipertensi: Systematic review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 2(3), 192–199.

Asfahani, A., Tono, M., & Sain Zohaib Hassan. (2023). Land Optimization to Improve the Economy through Attractive Tourist Destinations in Smart City Indonesia. International Assulta of Research and Engagement (IARE), 1(2), 87–98.

Boroumand, N., Samarghandian, S., & Hashemy, S. I. (2018). Immunomodulatory, anti-inflammatory, and antioxidant effects of curcumin. Journal of HerbMed Pharmacology, 7(4), 211–219. https://doi.org/10.15171/jhp.2018.33

Gedefaw, L., Tesfaye, M., Yemane, T., Adisu, W., & Asres, Y. (2015). Anemia and iron deficiency among school adolescents: burden, severity, and determinant factors in southwest Ethiopia. Adolescent Health, Medicine and Therapeutics, 189. https://doi.org/10.2147/ahmt.s94865

Gosdin, L., Sharma, A. J., Tripp, K., Amoaful, E. F., Mahama, A. B., Selenje, L., Jefferds, M. E., Martorell, R., Ramakrishnan, U., & Addo, O. Y. (2021). A School-Based Weekly Iron and Folic Acid Supplementation Program Effectively Reduces Anemia in a Prospective Cohort of Ghanaian Adolescent Girls. Journal of Nutrition, 151(6), 1646–1655. https://doi.org/10.1093/jn/nxab024

Hamidah, H., & Nugroho, P. A. (2023). Perkembangan Neuropsikologi pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme: Tinjauan Terhadap Aspek Kognitif, Emosional, dan Interaksi Sosial. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 5486–5493.

Handayani, L. (2013). Peran Petugas Kesehatan dan Kepatuhan Ibu Hamil mengkonsumsi Tablet Besi. KESMAS, 7(2), 55–112.

Haslinah, A., Tahir, U., Al Imran, H., Asfahani, A., & Larisu, Z. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program Lingkungan Hijau Bebas Polusi Di Kota Makassar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8906–8912.

Hidayatunnikmah, N., Nuraini, I., Latifah, A., & Ningrum, N. P. (2022). Pelatihan pembuatan minuman kekinian boba herbal untuk immune booster pada remaja di masa pandemi Covid-19. INDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–23. https://doi.org/10.29303/indra.v3i1.140

Indonesia, K. K. R. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Badan penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Jafar, N., Hamid, S. K., Citrakesumasari, C., Najamuddin, U., & Syam, A. (2017). Khasiat madu menurunkan tekanan darah dan hematologi parameter. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(1), 27–33.

Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) Stppa Tercapai Di Ra Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112–136.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur. Kementerian Kesehatan RI.

Komalawati, V. (2020). Responsibilities of Pharmacists in Drug Service With Prescription. Tanggung Jawab Apoteker Dalam Pelayanan Obat Dengan Resep Dokter, 237–238.

Morrow, D., Kirk, A., Muirhead, F., & Lennon, M. (2022). Letting the world see through your eyes: using photovoice to explore the role of technology in physical activity for adolescents living with type 1 diabetes. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(10), 6315.

Nurlila, R. U., & La Fua, J. (2020). Jahe Peningkat Sistem Imun Tubuh di Era Pandemi Covid- 19 di Kelurahan Kadia Kota Kendari. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 1(2), 54–61. https://doi.org/10.35311/jmpm.v1i2.12

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2019). Model Partisipation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. AKSARA, 6(1), 62–71.

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16

Sari, D. P., Ridmadhanti, S., Erda, R., Margiyanti, N. J., Handayani, T. Y., & Tarigan, R. A. (2020). Deteksi Dini Anemia pada Remaja di Pulau Nguan Kecamatan Galang Kota Batam Tahun 2020. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.52643/jppm.v4i1.767

Sethi, V., Yadav, S., Agrawal, S., Sareen, N., Kathuria, N., Mishra, P., Kapoor, J., & Dureja, S. (2019). Incidence of Side-effects After Weekly Iron and Folic Acid Consumption Among School-going Indian Adolescents. Indian Pediatrics, 56, 33–34.

Wahyuniar, W., Asfahani, A., Suyuti, S., & Sitopu, J. W. (2024). Community Engagement In Education: Fostering Sustainable Impact Through Outreach Initiatives. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4116–4124.

Winarsih, W. E. (2021). Perkembangan Fisik Anak, Problem Dan Penanganannya. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 55–68.

Yanuartono, Y., Indarjulianto, S., Purnamaningsih, H., Nururrozi, A., & Raharjo, S. (2019). Fermentasi: metode untuk meningkatkan nilai nutrisi jerami padi. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 14(1), 49–60.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Amalia, N. R., Dewi, H. A. ., Meti Sulastri, Jamil, M. U., Marlina, L. ., Eneng Daryanti, Suryani, I. S., & Nurakilah, H. (2024). EDUKASI ANEMIA REMAJA PUTRI DAN PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN PASCA PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH DI SMP AL-MA’ARIF KOTA TASIKMALAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4743–4748. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28893

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.