Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang

Authors

  • Rizki Liansyah Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Eni Heldayani Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3389

Abstract

Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 81 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 81 Palembang serta solusi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentas. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, yaitu: 1). faktor internal merupkan aspek fisiologis dan psikologi. Aspek fisiologis adalah kesehatan fisik dari siswa. Sedangkan aspek psikologis yang dipengaruhi oleh intelegensi siswa, bakat dan fokus. (2) Faktor eksternal yaitu Berbagai faktor mempengaruhi kehidupan keluarga, sekolah, dan masyarakat kita. Sedangkan solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu : 1) Guru harus mengutamakan siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan dalam membaca permulaan, 2). Guru harus melakukan kepedulian kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan, 3). Guru dan orang tua harus menjalin hubungan kerjasama yang baik untuk siswa, 4). Wali murid juga sebaiknya mengawasi anak dirumah, 5). Siswa perlu terus-menerus meningkatkan dan melatih minatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Liansyah, R., Heldayani, E. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 301–307. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3389

Most read articles by the same author(s)