Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3389Abstract
Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 81 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 81 Palembang serta solusi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentas. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, yaitu: 1). faktor internal merupkan aspek fisiologis dan psikologi. Aspek fisiologis adalah kesehatan fisik dari siswa. Sedangkan aspek psikologis yang dipengaruhi oleh intelegensi siswa, bakat dan fokus. (2) Faktor eksternal yaitu Berbagai faktor mempengaruhi kehidupan keluarga, sekolah, dan masyarakat kita. Sedangkan solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu : 1) Guru harus mengutamakan siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan dalam membaca permulaan, 2). Guru harus melakukan kepedulian kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan, 3). Guru dan orang tua harus menjalin hubungan kerjasama yang baik untuk siswa, 4). Wali murid juga sebaiknya mengawasi anak dirumah, 5). Siswa perlu terus-menerus meningkatkan dan melatih minatnya.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-01-18
How to Cite
Liansyah, R., Heldayani, E. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 301–307. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3389
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizki Liansyah, Eni Heldayani, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).