Efektivitas Metode Somatic, Audictory, Visualization, Intellectually (SAVI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2821Keywords:
Kata Kunci, Metode Somatic, Audictory, Visualization, Intellectually (SAVI) Kemampuan PemahamanAbstract
Masalah pada penelitian ini adalah siswa belum memahami dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal dan ini disebabkan karena kurangnya penggunaan metode pembelajaran oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Somatic, Audictory, Visualization, Intellectually (SAVI) terhadap kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri 68 Pagar Alam, dengan sampel kelas IV.A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan metode Somatic, Audictory, Visualization, Intellectually (SAVI) Â dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran yang sering digunakan oleh guru itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan tipe Pretest Posttest Control Group Design, dan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes essay dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan Terdapat keefektifan penggunaan metode Somatic, Audictory, Visualization, Intellectually (SAVI) terhadap kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV, karena diperoleh nilai signifikan= 0,00 jika dibandingkan dengan 0,05 maka nilai signifikan 0,00 < 0,05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
References
Ammarullah, M., Mulyadi, & Hermansyah. (2020). The Perspective Of The Tenth Grade Students Of Muhammadiyah Vocational High School 2 Of Palembang Towards Learning Writing Descriptive Texts Through Contentbased Instruction (Cbi). Journal Of English Study programme, 3 (1), 1-9
Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta: Rineka Cipta
Darmadi, H. 2013. Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gunawan & Palupi. 2016.T aksonomi Bloom-Ranah Kognitif: Kerangka Untuk Pembelaja ran, Pengajaran dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2, Hal. 98-117
Kalmirasari&Darsono.2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional, Mata Pelajaran Guru Kelas SD Unit IV Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistik Penelitian (1 ed.). Depok: PT Raja Grafindo
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Sundayana, R. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto. 2013. Teori Belajar&Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenadamedia group.
Susanto, A. 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group
Syafril & Zen. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana Triwiyanto, T. 2015. Pengantar Pendi dikan. Jakarta: Busmi Aksara.
Triwiyanto, T. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Busmi Aksara.
Wahab, dkk. 2019. Konsep Dasar IPS. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka Siswa Kelas XI MA Negeri 1 Makasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, Volume 1,No.2,Hal. 156-16
Kholidah & Sujadi. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, No. 3, Hal 428-431
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis.Yogyakarta: Pustaka Belajar.