Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 170 Palembangu
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3422Abstract
Tujuan dalam penelitian: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran, 2) Mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V di SD Negeri 170 Palembang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran dengan uji Mann-Whitney U Test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau p value sebesar 0,000<0,05; maka ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA atau yang berarti Ha diterima, dan 2) Respon siswa terhadap model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran dari 20 orang sebanyak 15 orang (75%) yang memberi respon baik terhadap model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-01-15
How to Cite
Trigustini, M., Hakim, L. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 170 Palembangu. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 272–283. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3422
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Maya Trigustini, Lukman Hakim, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).