Efektivitas Model CIRC Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 91 Palembang

Authors

  • Nikmah Ajeng Oktaningrum Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Eni Heldayani Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2850

Keywords:

Model CIRC, Mind Mapping, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CIRC berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada IPS kelas V SDN 91 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design, sedangkan untuk subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 91 Palembang, kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan kelas V.C sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal untuk mengukur hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest yang didapat dari hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran CIRC berbantu Mind Mapping adalah 83,33 dan untuk pembelajaran IPS yang tidak menggunakan model pembelajaran CIRC berbantu Mind Mapping adalah 76,66. Dari pengujian hipotesis diperoleh (2,084 > 2,012), dengan taraf signifikan 0,05, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, model CIRC berbantu Mind Mapping efektif terhadap hasil belajar IPS SD kelas V SDN 91 Palembang tahun ajaran 2021/2022. Kata kunci: Model CIRC, Mind Mapping, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajarani. Bandung: Alfabeta.

Darusman, R. (2014). Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 164-173. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.p164-173

Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 303-314.

Magdalena, R. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Bacaan Melalui Model Pembelajaran Teknik CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition). Deiksis, 9(02), 194-203.

Mudzanatun, M., & Fauziah, I. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Kedunguter 02 Brebes. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1).

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.

Rahmad, R. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67-78.

Solihatin & Raharjo. (2011). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv.

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Solichin, M. (2017). Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 192-213.

Nurdyansyah & Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizami Learning Center.

Susanti, S. (2016). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 25-37.

Trianasari, H., Nahdi, D. S., & Yonanda, D. A. (2019, October). Pentingnya Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 113-120).

Uno, B & Mohamad, N. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Prasyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Wirandari, N. G. A. M., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 55-63.

DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24361

Yusuf, M. A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-11-11

How to Cite

Oktaningrum, N. A., Heldayani, E., & Selegi, S. F. (2021). Efektivitas Model CIRC Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 91 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2850