Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Materi Pecahan Sekolah Dasar

Authors

  • Rizki Ayu Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3167

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Bussy Book yang valid, praktis dan efektif bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 20 orang. Media pembelajaran Bussy Book yang dikembang menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dengan menggunakan angket validasi ahli, analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon peserta didik dan analisis keefektifan dengan menggunakan lembar tes peserta didik. Hasil analisis data bahwa dikategorikan valid dari lembar angket validasi dengan rata-rata kevalidan sebesar 3,7 %, media pembelajaran Bussy Book yang telah dikembangkan dikategorikan praktis dari lembar angket respon peserta didik dalam uji coba dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 97,8 % dan juga media pembelajaran Bussy Book materi pecahan yang dikembangkan efektif dari hasil tes dengan nilai rata-rata keefektifan sebesar 87,75 %. Akhirnya disimpulkan media pembelajaran Bussy Book layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Ayu, R., Kesumawati, N. ., & Kuswidyanarko, A. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Materi Pecahan Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 614–619. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3167

Most read articles by the same author(s)