Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Materi Pecahan Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3167Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Bussy Book yang valid, praktis dan efektif bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 20 orang. Media pembelajaran Bussy Book yang dikembang menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dengan menggunakan angket validasi ahli, analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon peserta didik dan analisis keefektifan dengan menggunakan lembar tes peserta didik. Hasil analisis data bahwa dikategorikan valid dari lembar angket validasi dengan rata-rata kevalidan sebesar 3,7 %, media pembelajaran Bussy Book yang telah dikembangkan dikategorikan praktis dari lembar angket respon peserta didik dalam uji coba dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 97,8 % dan juga media pembelajaran Bussy Book materi pecahan yang dikembangkan efektif dari hasil tes dengan nilai rata-rata keefektifan sebesar 87,75 %. Akhirnya disimpulkan media pembelajaran Bussy Book layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-21
How to Cite
Ayu, R., Kesumawati, N. ., & Kuswidyanarko, A. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Materi Pecahan Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 614–619. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3167
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Rizki Ayu, Nila Kesumawati, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).