IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN OPERASI PENGURANGAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ajeng Desvita Sugiandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aulia Dewi Herdwiant Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nabila Syawaliya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yosefine Naomi Umbukobha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53967

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, PBL Operasi Pengurangan, Pembelajaran Matematika di SD, Operasi Hitung Pengurangan, Pembelajaran Berbasis Masalah di SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara terstruktur seberapa efektif metode Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang operasi pengurangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) berdasarkan model PRISMA 2020. Untuk mencari referensi, kami menggunakan Google Scholar dan Connected Papers dengan kriteria tertentu, yaitu artikel yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025, dalam bahasa Indonesia atau Inggris, terindeks minimal Sinta 3, dan merupakan penelitian empiris yang membahas operasi pengurangan di sekolah dasar. Dari 45 artikel yang ditemukan, hanya 7 artikel yang memenuhi kriteria dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sering mengalami kesalahan pemahaman dalam hal nilai tempat, makna dari hasil pengurangan, serta hubungan antara simbol pengurangan dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai strategi pembelajaran ditemukan efektif meningkatkan pemahaman konsep, seperti penggunaan media konkret, pembelajaran kolaboratif, permainan edukatif, serta khususnya penerapan Problem Based Learning. PBL terbukti mampu mengoptimalkan pemahaman konseptual siswa melalui penyajian masalah autentik, investigasi, diskusi kelompok, dan refleksi. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis masalah menjadi pendekatan yang relevan dan efektif untuk memperkuat pemahaman operasi pengurangan pada siswa sekolah dasar.

References

Afridayanti, D., Anismar, A. and Rakhmawati, Y. (2022) “Improving the Understanding of Addition and Subtraction of Fractions Through Cooperative Model of Rotating Trio Exchange (RTE) Type for Students Elementary School”, Journal of Learning Improvement and Lesson Study, 2(2), pp. 26–31. doi: 10.24036/jlils.v2i2.33.

Annur, M., Rahma, D. & Lestari, F. (2024) ‘Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami operasi pengurangan melalui konteks masalah’, Jurnal Pendidikan Matematika Dasar, 12(1), pp. 45–55.

Ardanari, M.S., Wantoro, J., Riyanti, R.F., Siswanto, H. & Lazwardi, A. (2024) ‘Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kompetensi materi pengurangan mata pelajaran Matematika bagi siswa sekolah dasar kelas rendah’, Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, pp. 1–13.

Braun, V. & Clarke, V. (2006) ‘Using thematic analysis in psychology’, Qualitative Research in Psychology, 3(2), pp. 77–101. doi:10.1191/1478088706qp063oa.

Ikhsani, R. & Khaerunnisa, Y. (2024) ‘Efektivitas Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar’, Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(2), pp. 112–123.

Kamid, K. (2021) “A Study of Problem Based Learning and Mathematics Process Skills in Elementary School”, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), pp. 359–368. doi: 10.23887/jisd.v5i2.37157.

Kusuma, Y.Y. (2021) ‘Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di sekolah dasar’, Jurnal Basicedu, 4(4), pp. 1460–1467.

Kusumawati, A. & Handoyo, R.R. 2025, ‘Contextual Concrete Media for Improving Subtraction Skills in Elementary Students: Media Konkret Kontekstual untuk Pemahaman Operasi Pengurangan Siswa Sekolah Dasar’, Indonesian Journal of Innovation Studies, vol. 26, no. 4, pp. 10–21070.

Pambudi, G. and Nindiasari, H. (2025) ‘Basic literacy in numeracy: Analysis of misconceptions in place value for third-grade students’, Pelangi (e-Journal), 16(1). doi: https://doi.org/10.22202/pj.2025.v16i1.8926

Pangestuti, I. & Sukmanasa, E. (2023) ‘Keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran aktif’, Jurnal Pedagogik SD, 5(3), pp. 233–241.

Ridho, M.H. and Juandi, D. (2023) “Systematic literature review: Identification of misconceptions in mathematics learning”, Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), pp. 77–94. doi:10.29407/jmen.v9i1.19918.

Setiyawan, H. (2022) “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, 6(6), pp. 9631–9639. doi: 10.31004/basicedu.v6i6.4046.

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

Sugiandi, A. D., Putri, H. E., Herdwiant, A. D., Syawaliya, N., & Umbukobha, Y. N. (2025). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN OPERASI PENGURANGAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8831–8838. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53967

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)