PENGARUH KEGIATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD INSAN CEMERLANG DESA BIAK NAMPE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53778Keywords:
Eksplorasi Lingkungan, Treatment, Keterampilan Proses SainsAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan menanam bunga pacak kuda terhadap keterampilan proses sains pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Cemerlang Desa Biak Nampe, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo. Penelitian ini didasari oleh keterampilan proses sains pada anak usia 5-6 tahun yang masih dikategorikan kurang muncul pada anak. hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang terlalu berfokus pada guru dan pembelajaran yang dilakukan didalam kelas saja. 9 siswa. Metode sampling yang digunakan ialah total sample atau menggunakan semua siswa yang ada disekolah tersebut. Nilai rata- rata pada pretest adalah 22,77 dalam kategori Mulai Berkembang (MB) dan nilai pada post test adalah 41,22 dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) Adapun perbandingan antara pre test dengan post test ialah 16. Sehingga kesimpulannya ialah terdapat pengaruh kegiatan eksplorasi lingkungan sekolah terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Cemerlang Desa Biaknampe, Kecamatan Munte Kabupaten Karo.References
Delima (2017). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui pendekatan eksplorasi Lingkungan Sekitar di Tk Putra I Kota Jambi Kelompok B tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya9(1), 185-196
Dewi. KR, Gading. K, Magta M. (2019) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Eksplorasi Lingkungan Sekitar Terhadap Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-kanak.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3) 215-225
Diana dan Mesiono, 2016, dasar dasar Pendidikan anak usia dini, , Medan: Perdana Bulshin
Eza, GN. (2020), Analisis Kemampuan Dasar Mahasiswa Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Kuliah Metodologi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Anak Usia Dini, vol 6 (1)
Handayani PH , Srinahyanti. 2018. Literasi Sains Ramah Anak Usia Dini . Ijeces 1 (2)
Handayani PH., Dkk (2021), Pendampingan Guru PAUD dalam Menyelenggarakan Sekolah Ramah Lingkungan. Bunga Rampai Usia Emas,vol 7 (2)
Marlina, Nuraida N, Rizal. SS.(2019). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Ekplorasi Lingkungan Sekitar Untuk Anak Usia Dini. Tarbiyah alAulad vol.4 no.1
Martini, Jamaris. (2003). Perkembagan dan pengembangan Anak Usia Taman Kanakkanak. Jakarta: Gramedia.
Nurhayati. 2018.Pengenalan Konsep Sains Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Lombe. Jurnal Smart Paud, volume1 No 1, e-ISSN 2614-1248
Nurjazuli, N., Fauzi, M., Nuridzin, D. Z., Nugroho, P., & Budiyono, B. (2024). Pendampingan sanitasi lingkungan dalam rangka mewujudkan sekolah sehat di PAUD Undip. Journal of Public Health and Community Services (JPHCS), 3(1), Mei 2024.
Safira dan ifadah, 2020, pembelajaran sains dan matematika anak usia dini, jawa timur: Gramedia
Setyowati I, Ridwan, Iswatiningtyas. Y, (2022) Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Pembelajaran Eksplorasi Lingkungan. Pg-Paud FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
Sugiyono(2019) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.ALFABETA,jl Gegerkalong Hilir No 84 Bandung.
Sugiyono, 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013. Metode penelitian Manajemen. Pendekatan kuantitatif, kualitatif,
Susilawati dan Sumitra A (2021). Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan eksplorasi Lingkungan Alan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (cerdas energik Responsif Inovatif Adaptif) vol 4 no 6
Tanjung SH. 2022. Kemampuan Anak Dalam Mengkomunikasikan Masalah. JDER Journal of Dehasen Education Review,1(1), 5-8
Wibowo A, Simaremare A., Yus, A. (2022). Analisis Permasalahan Belajar Pendidikan Dasar. Journal of Social Interactions and Humanities(JSIH),(1),37-50
Yulianti 2010, bermain sambil belajar ditaman kanak kanak, Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reza Revinka Br Milala, Gita Noveri Eza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




