PEMBERDAYAAN ANAK PANTI ASUHAN OLIVIA ZERLINDA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN KRIPIK PANGSIT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI

Authors

  • Sardi Pranata Universitas Negeri Medan
  • Arwan Kusma Waruwu Universitas Negeri Medan
  • Chintya Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Ester Piani Telaumbanua Universitas Negeri Medan
  • Joyice Siregar Universitas Negeri Medan
  • Lara Sungam Br Ginting Universitas Negeri Medan
  • Mardiyah Balqis Ritonga Universitas Negeri Medan
  • Maharani Cheche Kiranti Universitas Negeri Medan
  • Nursita Win Tambah Universitas Negeri Medan
  • Nurul Afifah Universitas Negeri Medan
  • Putri Inaya Darmayana Universitas Negeri Medan
  • Zahra Widiyaningsi Hasibuan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53773

Keywords:

Pelatihan; Keripik Pangsit; Pemberdayaan Anak; Keterampilan Hidup; Panti Asuhan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pelatihan pembuatan keripik pangsit sebagai upaya pemberdayaan anak di Panti Asuhan Olivia zerlinda serta menganalisis dampak pelatihan terhadap peningkatan keterampilan dasar anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 17 anak dan dua pengelola panti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak mampu mengikuti tahapan pelatihan mulai dari persiapan bahan, proses pengolahan adonan, hingga teknik penggorengan. Pelatihan ini juga membantu meningkatkan keterampilan motorik, kemandirian, serta pemahaman anak mengenai proses produksi makanan sederhana. Meskipun demikian, ditemukan beberapa hambatan seperti keterbatasan alat, bahan, waktu, serta kurangnya partisipasi pengelola dalam mendukung kegiatan. Secara keseluruhan, program pelatihan keripik pangsit terbukti memberikan kontribusi positif dalam menumbuhkan keterampilan dasar dan potensi kewirausahaan anak panti asuhan. Program ini berpotensi dikembangkan lebih lanjut sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis keterampilan di lingkungan panti.

References

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Fauziddin. 2014. Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

Pranata, S., Waruwu, A. K., Nainggolan, C., Telaumbanua, E. P., Siregar, J., Ginting, L. S. B., … Hasibuan, Z. W. (2025). PEMBERDAYAAN ANAK PANTI ASUHAN OLIVIA ZERLINDA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN KRIPIK PANGSIT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8732–8738. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53773

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)