TRANSFORMASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERBASIS KARAKTER MELALUI PENDEKATAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL)

Authors

  • Tesalonika Sibuea PTKKN Kementerian Agama RI
  • Enjel Lina Sihombing PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53570

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Pembentukan Karakter, Strategi Pembelajaran, Project Based Learning

Abstract

Model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) menawarkan pendekatan inovatif yang mampu mentransformasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) menjadi lebih bermakna, kontekstual, dan berorientasi pada pembentukan karakter. Penelitian ini membahas secara komprehensif implementasi PjBL dalam konteks PAK, mulai dari perumusan tahapan pelaksanaan, pemilihan topik proyek berbasis nilai Kristiani, hingga evaluasi yang menekankan perkembangan karakter dan spiritualitas siswa. PjBL tidak hanya mendorong keterampilan abad ke-21 seperti kolaborasi, kreativitas, komunikasi, dan pemecahan masalah, tetapi juga menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai utama iman Kristen, seperti kasih, integritas, disiplin, dan tanggung jawab. Melalui berbagai proyek yang terintegrasi dengan materi PAK, siswa didorong untuk mengalami secara langsung proses pembelajaran yang relevan dengan kehidupan nyata, seperti pelayanan sosial, pembuatan media renungan, kampanye nilai Kristiani, atau proyek lingkungan berbasis teologi penciptaan. Kegiatan tersebut memperkuat hubungan antara iman, perilaku, dan moralitas siswa serta menumbuhkan kedewasaan spiritual. Selain itu, peran refleksi spiritual menjadi elemen penting dalam memperdalam internalisasi nilai, karena memberikan ruang bagi siswa untuk meninjau kembali pengalaman belajar, mengidentifikasi perubahan karakter, dan menghubungkan proses belajar dengan firman Tuhan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sipoholon dan menunjukkan bahwa penerapan PjBL dalam PAK mampu membawa dampak transformasional, baik secara kognitif, afektif, maupun spiritual. Meskipun terdapat berbagai tantangan seperti keterbatasan fasilitas, kesiapan guru, dan dinamika kolaborasi siswa, solusi strategis seperti pelatihan guru, manajemen proyek yang efektif, dan pemanfaatan teknologi dapat mengoptimalkan keberhasilan implementasi. Dengan demikian, PjBL layak menjadi model pembelajaran yang diadaptasi secara lebih luas dalam PAK untuk membentuk generasi berkarakter Kristiani yang relevan dengan tuntutan zaman.

References

Aritonang, O. T. (2012). Harapan Masyarakat dan Tantangan dalam Pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(1), 108-119.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, 83(2), 39–43.

Boss, S., & Larmer, J. (2018). Project based teaching: How to create rigorous and engaging learning experiences. ASCD.

Creswell, J. W. (2018). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (6th ed.). Pearson.

Gushee, D. P., & Stassen, G. H. (2016). Kingdom ethics: Following Jesus in contemporary context (2nd ed.). Eerdmans.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge handbook of the learning sciences (pp. 317–334). Cambridge University Press.

Larmer, J., Mergendoller, J. R., & Boss, S. (2015). Setting the standard for project based learning: A proven approach to rigorous classroom instruction. ASCD.

Miller, J. P. (2011). The holistic curriculum (3rd ed.). University of Toronto Press.

Northouse, P. G. (2019). Leadership: Theory and practice (8th ed.). Sage.

Pierce, T. (2020). Christian education and spiritual formation in the 21st century. Baker Academic.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation.

Wiersma, W., & Jurs, S. G. (2009). Research methods in education: An introduction (9th ed.). Pearson.

Yount, W. R. (2010). Created to learn: A Christian teacher’s introduction to educational psychology (2nd ed.). B&H Publishing Group.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad 21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 1–17.

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Sibuea, T., & Sihombing, E. L. (2025). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERBASIS KARAKTER MELALUI PENDEKATAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8479–8491. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53570

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.