PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI UPAYA PENINGKATAN LITERASI EKONOMI SMAN 7 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53103Keywords:
Problem-Based Learning, Literasi Ekonomi, Pembelajaran Ekonomi, SMAN 7 Palembang.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi ekonomi siswa di Indonesia, termasuk di SMAN 7 Palembang, yang menuntut adanya inovasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model Problem-Based Learning (PBL) terhadap peningkatan literasi ekonomi siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, melibatkan dua kelas XI IPS, yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran PBL dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes literasi ekonomi, observasi aktivitas belajar, dan angket respon siswa, kemudian dianalisis menggunakan uji t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas (sig. 0,000 < 0,05), dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,72 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen dan 0,41 (kategori sedang) pada kelas kontrol. Penerapan PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep ekonomi, kemampuan berpikir kritis, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Secara teoretis, hasil penelitian ini memperkuat bukti empiris efektivitas pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan literasi ekonomi kontekstual, sedangkan secara praktis, penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru ekonomi dan sekolah dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran inovatif yang berorientasi pada pengembangan kemampuan literasi ekonomi abad ke-21.References
Pramitha, N., & Wahjudi, E. (2020). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi laporan keuangan perusahaan jasa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2). https://repository.unesa.ac.id/sysop/files/2023-02-20_Jurnal%203_EW.pdf
Darmansyah, D., Susanti, F., & Rahman, R. (2023). Pengembangan modul ajar berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan literasi finansial siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 6349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6349
Nurkasanah, N. (2021). Peningkatan hasil belajar ekonomi melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas X IPS I SMA Negeri 1 Pulokulon. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/97594/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Hidayah, N., & Sulistyorini, T. (2024). Peningkatan kemampuan analisis pokok bahasan masalah ekonomi dengan penerapan Problem Based Learning di SMA. Dinamika Pendidikan, 19(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/download/5096/4141
Sitorus, J., Simanjuntak, R., & Saragih, P. (2023). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar T.A. 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 286–291. https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/286-291/733
Sawalia, N., Alimuddin, A., & Kadir, H. (2023). Implementasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMAN 2 Unaaha. Journal of Pedagogy and Science, 8(4). https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i4.196
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juni Fransiska, Ro’ailah Ro’ailah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




