PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA DI TANJUNG SELOR HILIR

Authors

  • Herman Efendi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Junaidi Mustafa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51090

Keywords:

Pemberdayaan Perempuan, Digital Marketing, Keterampilan Wirausaha

Abstract

Pemberdayaan perempuan menjadi salah satu aspek penting dalam mendukung perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dalam era digital saat ini, kemampuan perempuan untuk memanfaatkan teknologi, khususnya digital marketing, menjadi peluang besar untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan digital marketing terhadap peningkatan keterampilan wirausaha perempuan di Tanjung Selor Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei yang melibatkan perempuan pelaku usaha di daerah tersebut sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan digital marketing secara signifikan meningkatkan keterampilan wirausaha, baik dalam hal kreativitas, inovasi, maupun pemasaran produk melalui platform digital. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan dan pengembangan usaha yang dikelola oleh perempuan. Dengan demikian, pelatihan digital marketing dapat dianggap sebagai strategi yang efektif dalam upaya pemberdayaan perempuan, khususnya dalam meningkatkan keterampilan berwirausaha. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah daerah dan lembaga terkait dalam merancang program pemberdayaan perempuan yang lebih efektif di masa mendatang.

References

Agus Herliawati P, 2009. Upaya Pemberdayaan Perempuan , Depok : Jurnal Universitas Indonesia ,2009.

Alma, B. 2008. Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung

Dedi Purwana ES, R. S. (2017 ). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) Vol 1 No.1 E-ISSN: 2580-4332 , 1-17.

Fauzi, H.A. 2004. Analisis Pengaruh Sikap Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Pembelajaran Organisasional Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada Industri Garmen Di Kota semarang); Tesis Program Pascasarjana Universitas Diponogoro Semarang (Tidak Dipublikasikan).

Fauziyah, F. (2020). Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 5(2), 155-172.

Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management), 14(1), 15- 30.

Longenecker et al. 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat,

Jakarta pegertianPemberdayaanPerempuan,tersediadi:shttp://eprints.ung.ac.id/5374/5/201

3- 1-86205-121408099-bab2-01082013024034.pdf (5 september 2019).

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1- 17.

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Cano Ekonomos, 6(1), 51-58

Surnyana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses, Salemba Empat, Jakarta.

Tutik Sulistyowati, 2015. “Model Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Profesional dan Daya Saing untuk Menghadapi Komersialisasi Dunia Kerja”. Jurnal Perempuan dan Anak, 1 (1): Januari

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Efendi, H., & Mustafa, J. (2025). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA DI TANJUNG SELOR HILIR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7730–7736. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51090

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.