PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SD

Authors

  • Elsa Renata Sitanggang Universitas Negeri Medan
  • Edenia Mei Bresya Tampubolon Universitas Negeri Medan
  • Joya Salomita Sinambela Universitas Negeri Medan
  • Pangadilan Daulay Universitas Negeri Medan
  • Aulia Cintia Rizky Universitas Negeri Medan
  • Roberto Jogi Rangga Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51083

Keywords:

CTL, IPS, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar (SD) memiliki peran penting dalam membentuk dasar pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan berbagai kendala, mulai dari kurangnya variasi metode, minimnya kreativitas guru, hingga belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran. Oleh karena itu, pengembangan pembelajaran di SD perlu dilakukan secara berkelanjutan agar sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menggali berbagai strategi dan model pengembangan pembelajaran di SD dengan menekankan pada peningkatan kreativitas guru dan keterlibatan aktif siswa. Metode penelitian yang digunakan Adalah pendekatan kualitatif dengan Teknik studi literatur, yaitu mengkaji beberapa jurnal, buku, dan repositori terkait pembelajaran IPS serta strategi pembelajaran di SD. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran yang efektif dapat diwujudkan melalui penggunaan model pembelajaran aktif, integrasi teknologi, pendekatan kontekstual, serta pemanfaatan kearifaan local sebagai sumber belajar. Selain itu, guru juga dituntut lebih inovatif dalam mengelola kelas dan mampu menyesuaikan strategi mengajar dengan karakteristik siswa. Pengembangan pembelajaran di SD bukan hanya soal metode, tetapi juga bagaimana guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, relevan, dan bermakna bagi siswa.

References

Abyan Mahesa Kakananta, A. S. (2025). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 289-296 .

Dr. Umar Sulaiman, M. (2022). Pembelajaran IPS SD/MI. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

I Gusti Agung Ayu Lily Purnami, I. W. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12543-1263.

Lisdiana, A. (2023). Buku Ajar Strategi Pembelajaran IPS . Lampung: CV. LADUNY ALIFATAMA .

Mahfud. (2014). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VI MELALUIMETODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL). Jurnal Pedagogia, 119-126.

Permadi, M. (2025). Model Pembelajaran Contextual Teaching and . Journal of Islamic Studies, 31-43.

Roseha, E. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IVSD Negeri 001 Bonai Darussalam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 43560-43569.

Selvitri Yuliansi, A. S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA) , 630-637.

Susiloningsih, W. (2015). PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS SD KELAS V YANG BERORIETASI PADA PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching and Learning) GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN KANDANGAN III SURABAYA. Jurnal Buana Pendidikan, 43-50.

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Sitanggang, E. R., Tampubolon, E. M. B., Sinambela, J. S., Daulay, P., Rizky, A. C., Sinaga, R. J. R., & Khairunnisa, K. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 2025–09. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51083

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)