ANALISIS PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS MAHASISWA CALON GURU VOKASIONAL PADA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DI SMK

Authors

  • Laela Alghaf Faria Universitas Negeri Jakarta
  • Tuti Iriani Universitas Negeri Jakarta
  • R. Eka Murtinugraha Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.51899

Keywords:

Calon Guru Vokasional; Mengelola Kelas; Praktik Keterampilan Mengajar; Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Lingkungan belajar yang beragam, kondisi siswa yang berbeda-beda, serta keterbatasan pengalaman mengajar menjadi faktor yang memengaruhi pelaksanaan dalam mengelola kelas yang efektif, sehingga mahasiswa calon guru vokasional perlu memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan keterampilan mengelola kelas yang dihadapi mahasiswa calon guru vokasional pada pelaksanaan Praktik Keterampilan Mengajar di SMK. Ditinjau dari lima aspek, yaitu fasilitas, administrasi, perilaku siswa, perbedaan individu, dan perilaku guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Kuesioner disebarkan kepada 90 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan yang mengikuti Praktik Keterampilan Mengajar di SMK. Hasil menunjukkan bahwa permasalahan paling dominan terdapat pada aspek fasilitas sebesar 23 %, diikuti oleh perilaku siswa sebesar 21 %, dan perbedaan individu 20 % . Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa telah menunjukkan kemampuan yang baik dalam mengelola kelas, mereka masih menghadapi hambatan dalam menyesuaikan pembelajaran dengan kondisi fasilitas sekolah dan perilaku siswa. Pentingnya peningkatan pembekalan yang lebih menyeluruh dalam aspek praktis dan pedagogis sebelum mahasiswa menjalani Praktik Keterampilan Mengajar.

References

Ahmed, Y., & Din, M. (2024). An analysis of classroom management challenges to the novice elementary school teachers in Islamabad, Pakistan. Journal of Humanities, Social and Management Sciences (JHSMS), 5(2), 37–56. https://doi.org/10.47264/idea.jhsms/5.2.3

Asif, M., Khurram, A. F. A., & Abdulsattar. (2023). Development and Validation of Teachers’ Classroom Management Questionnaire (TCMQ). Pakistan Journal of Humanities and Social Sciences, 11(3). https://doi.org/10.52131/pjhss.2023.1103.0640

Bibi, S., & Aziz, S. (2024). Navigation of Teaching Practicum Challenges An Emerging Perspective of Pre-Service Teachers. Academy of Education and Social Sciences Review, 4(2), 184–196. https://doi.org/10.48112/aessr.v4i2.767

Jayadi, R. F., & Adi, S. S. (2022). Classroom Management Problems Faced by Pre-service Teachers of English Education Program in Senior High Schools. Education of English as a Foreign Language Journal, 5(1), 20–27. https://doi.org/10.21776/ub.educafl.2022.005.01.03

Maharani, F., & Fithriani, R. (2023). Exploring Challenges EFL Pre-Service Teachers Experience in Teaching Practicum: A Transformative Learning Perspective. Scope : Journal of English Language Teaching, 7(2), 173. https://doi.org/10.30998/scope.v7i2.16305

Masood, S., Siddiqui, M., & Arif, K. (2022). Challenges Pre-Service Teachers Face During Teaching Practicum: An Anatomy of Teachers’ Education Programs. https://doi.org/10.21015/vtess.v10i2.1049

Muna, F., Nurhuda, A., Maghfuroh, A., & Lathif, N. M. (2024). Conceptions of Classroom Management in Education. Jurnal Belaindika :Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 56–63. https://belaindika.nusaputra.ac.id/[email protected]

Nugroho, A. H., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2025). Analisis Gaya Mengajar Calon Guru Vokasional Jurusan Konstruksi Bangunan pada Praktik Keterampilan Mengajar. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Oprianti, R., Zulhaini, & Akbar, H. (2024). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas Terhadap Kedisplinan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agaman Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMK Negeri 1 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi.

Prakoso, N. A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Keterampilan Bertanya. In Jurnal Pendidikan West Science (Vol. 01, Issue 05). Mei.

Rajif Pamungkas, B., Iriani, T., & Ramadhan, A. (2025). Analisis Keterampilan Mengelola Kelas Calon Guru Vokasional Program Keahlian Konstruksi Bangunan Pada Praktik Keterampilan Mengajar Di Dki Jakarta. Universitas Negeri Jakarta.

Rosadina, A., Iriani, T., & Daryati. (2023). Analisis Komunikasi Pembelajaran Calon Guru pada Kegiatan Praktik Keterampilan Mengajar di SMK. Universitas Negeri Jakarta.

Rusydie, S., & Yulianto, D. (2011). Prinsip-prinsip Manajemen Kelas. Diva Press.

Saleem, A., Muhammad, Y., & Masood, S. (2020). Classroom Management Challenges and Administrative Support in Elementary Schools: Experiences of Novice Public-School Teachers.

Sardar, S. (2021). Classroom Management Strategies for Novice Teachers. https://www.researchgate.net/publication/351662340

Siregar, S. D., Yusnaldi, E., Siambaton, N. H. B., Nurintan Maghfirah, Putri Aulia Sitorus, Ratika Balqis NST, & Salsabila Putri Wibowo. (2024). Peran Keterampilan Dasar Mengajar dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SD. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(5), 2268–2282. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i5.3249

Stahnke, R., & Blömeke, S. (2021). Novice and expert teachers’ situation-specific skills regarding classroom management: What do they perceive, interpret and suggest? Teaching and Teacher Education, 98. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103243

Van Hai, T. (2023). Developing classroom management skills for pre-service primary education students through pedagogical training in Vietnam. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 10(4), 279–287. https://doi.org/10.21744/irjmis.v10n4.2360

Warneri. (2023). Faktor Kesulitan Dalam Melaksanakan Ketrampilan Pembelajaran Ekonomi Pada PPL Mahasiswa FKIP UNTAN.

Wolff, C. E., van den Bogert, N., Jarodzka, H., & Boshuizen, H. P. A. (2015). Keeping an Eye on Learning: Differences Between Expert and Novice Teachers’ Representations of Classroom Management Events. Journal of Teacher Education, 66(1), 68–85. https://doi.org/10.1177/0022487114549810

Downloads

Published

2025-12-07

How to Cite

Faria, L. A., Iriani, T., & Murtinugraha, R. E. (2025). ANALISIS PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS MAHASISWA CALON GURU VOKASIONAL PADA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DI SMK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8307–8312. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.51899

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.