STARTEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 65 JAKARTA

Authors

  • Wahyu Prasetyo Putra Universitas Islam Jakarta
  • Ishak Syairozi Universitas Islam Jakarta
  • Maria Ulfa Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50291

Keywords:

Strategi, Peningkatan kemampuan, Baca Al-Qur’an, Metode Iqro.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMK Negeri 65 Jakarta. Dan menemukan kiat-kiat serta cara membaca Al-Qur’an untuk siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan untuk selanjutnya dideskripsikan dan diberi kesempatan validasi data-data tersebut dilakukan dengan triangulasi data dari semua data-data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi utama yang digunakan adalah melalui kegiatan Taman Baca Al-Qur’an (TBA) dengan metode Iqro. Yang diterapkan secara bertahap, mulai dari pengenalan huruf hijaiyah, pelafalan makhraj yang benar, hingga penguasaan tajwid dasar. Metode Iqro dipilih karena dinilai mudah dipahami, fleksibel, dan cocok untuk siswa dengan latar belakang kemampuan yang berbeda-beda. Pembelajaran dilakukan secara individual dan sorogan, sehingga guru dapat memantau langsung perkembangan bacaan setiap siswa.

References

Asep. (n.d.). Contoh Kualitatif.

Devi, N. W. C., & Jatra, I. M. (2022). Pembacaan Al Quran. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58– 66. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537

Izzah, L., & Purwaningsih, R. (2017). Peran Guru Dalam Pembiasaan Sholat Berjamaah. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 1. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).1-10

Janati, F. (2023). Implementasi metode iqro’ dalam meningkatkan kefasihan membaca al-qur’an pada siswa kelas iv sd negeri 01 kajen kabupaten pekalongan.

M. Sarbini. (2014). Pendidikan Robbani di Masa Rasulullah. Bogor: Marwah Indo Media. hlm. 37-38.

Beni Ahmad Saebani dan Hendra Akhdiyat. (2012). Ilmu Pendidikan Islam.

Bandung: CV Pustaka Setia. hlm. 9.

Sholih Ali Abu Arrad. (2015). Pengantar Pendidikan Islam. Bogor: Marwah Indo Media. hlm. 38.

Martinis Yamin. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group. hlm. 8.

Khalid Asy-Syantut. (2016). Mendidik Anak Laki-laki. Solo: Aqwam. hlm. 69 Rini Hildayani, Mayke Sugianto, Rosdiana Tarigan dan Eko Handayani. (2014). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka. hlm. 20.

Ali Maulida. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Al-Hidayah Press. hlm. 18.

Zainal Arifin, “Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an Studi Komparatif Penerapan Metode Iqro’ Dan Ummi Di Tpa Kecamatan Solokuro Lamongan” (Lamongan: Jurnal: Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol. V, No. 2, 2021), hlm. 293.)

Ahmad Darka, Bagaimana mengajar Iqra dengan benar, (Jakarta : CV Tunas Utama, 2009), h.13

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2016), h. 126.

Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2009, h. 206

Etin Solihatin, Strategi Pembelajaran PPKN, Jakarta: Bumi Aksara, 2012, h. 4 Epon Ningrum, Pengembangan Strategi Pembelajaran, Bandung: CV. Putra Setia, 2013, h. 44

Zamakhsyari Bin Hasballah Thaib, “Tadarus Al-Qur‟an Urgensi Tahapan Dan Penerapannya,”Jurnal Pendidikan, No 1, July 2016, 22–23

M. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung PT Remaja Rosda Karya, 2008, h.4

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Pesada, 2011), h. 143

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008),h.140

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung PT Remaja Rosda Karya, 2008), h.9

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional(Cet. VIII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009), h. 61

W. J . S Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1976), h.628

Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i atas berbagai Persoalan Umat (Bandung: Mizan, 1998), h.5

Abdul Aziz Abdur Rauf, Al-Hafizh, Pedoman Daurah Al-Qur’an Kajian Ilmu Tajwid disusun secara Aplikatif (Jakarta Timur: Markaz Al Qur’an, 2011), h.22

Abdul Aziz Abdur Rauf, Al-Hafizh, Pedoman Daurah Al-Qur’an Kajian Ilmu Tajwid Disusun secara Aplikatif, h.21

Ihsan Siregar, “Penerapan Metode Iqro’ Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan MembacaAl-Qur’an Murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok,” n.d., 7

Sopian Lubis, “Konsep Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Pendidikan Dasar (Tinjauan Normatif Pada Pendidikan Dasar SD/MI),” Mubtada : Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan Dasar Vol. 03 (2020): 70

Dahlia, Syukri & Marmawi, “Penerapan Metode Iqra’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Cahaya”, n.d., 2

Dahlia, Syukri & Marmawi, “Penerapan Metode Iqra’ Dalam Mengenalkan Hurf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Cahaya”, n.d., 2

Suprihadi, Pintar Agama Islam, (Jombang: Lintas Media, 2013), h. 45 Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah (Surabaya: CV. Karya Utama, 2010)

Budiyanto, Prinsip-Prinsip Metodologi Iqro’, (Yogyakarta: Tadrus, 1995

Fatkiyah, “Implementasi Metode Iqra’ Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Aktifitas Pembelajaran Al-Qur’an Studi Kasus Di Kelas II SD Negeri 2 Wates Kulon Progo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019,” Jurnal : El- Tarbawi XII, no. 1 (2019): 96–97

Mulyono, “Generasi Qur’ani Berkarakter Unggul dalam Berprestasi”, Malang Tsaqifa Taqiyya Ulfah, Muhammad Shaleh Assingkily & Izzatin Kamala, “Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an,” Ta’dibuna : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2, no. 2 (November 2019): 66–67

Sopian Lubis, “Konsep Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Pendidikan Dasar (Tinjauan Normatif Pada Pendidikan Dasar SD/MI),” 75

(Conny R. Semiawan, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakter dan Keunggulannya (Cikarang: Grasindo, 2010), hlm. 1-2.)

KH. As‟ad Human, Buku Iqra’ cara cepat belajar Al-Qur’an, Yogyakarta: Balai Litbaq LPTQ Nasional team Tadarus “AMM”, 2000), h.

Sopian Lubis, “Konsep Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Pendidikan Dasar (Tinjauan Normatif Pada Pendidikan Dasar SD/MI),” Mubtada : Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan Dasar Vol. 03 (2020): 70

Dahlia, Syukri & Marmawi, “Penerapan Metode Iqra’ Dalam Mengenalkan Hurf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Cahaya”, n.d., 2

Ahmad Muzzammil MF, Panduan Tahsin Tilawah (Ciputat: Ma’had Al Qur’an Nurul Hikmah, 2014

Sirri Tarbiyyah, Keutamaan Membaca Dan Mengkaji Alquran “At-Tibyaan Fii AAdabi Hamalatil Quran, 17-20

Downloads

Published

2025-09-10

How to Cite

Putra, W. P., Syairozi, I., & Ulfa, M. (2025). STARTEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 65 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7510–7520. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50291

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.