PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN TESTIMONI PENGGUNA TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN NIAT PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN: PERSPEKTIF GENERASI MILENIAL

Authors

  • Jasmine Az Zahra Vaesya Universitas Trunojoyo Madura
  • Triana Setiyarin Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51011

Keywords:

Celebrity Endorsement, Testimoni, Sikap Konsumen, Niat Pembelian, Generasi Milenial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Celebrity Endorser dan Testimoni Pengguna terhadap Sikap Konsumen serta Niat Pembelian produk kecantikan dari perspektif generasi milenial. Penelitian ini didasari oleh meningkatnya peran media sosial dalam membentuk preferensi konsume, terutama pada kelompok milenial yang cenderung dipengaruhi oleh figur publik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Sampel penelitian berjumlah 60 responden yang merupakan konsumen produk kecantikan dari kalangan generasi milenial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial maupun simultan, variabel Celebrity Endorser dan Testimoni pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Konsumen dan Niat Pembelian. Selain itu, Sikap Konsumen berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara faktor promosi (endorser dan testimoni) dengan Niat Pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang melibatkan selebriti kredibel dan ulasan pengguna yang autentik mampu menigkatkan sikap positif konsumen sekaligus mendorong minat beli mereka terhadap produk kecanntikan.

References

Khofifah, S, & Supriyanto, A. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek, Online Customer Review, Selebrity Endorsement, dan Perceived Advertising Value Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Yang Bersertifikat Halal. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 15(1), 1-13

Hutabarat, A., Anggarini, D.R. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9 (1) DOI : 10.31932/jpe.v9i1.3316

J. H. Kusuma., S. L. Mandey., D. Soepeno. (2024). ANALISIS GAYA HIDUP, COUNTRY OF THE PRODUCT DAN ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE PADA PEREMPUAN GENERASI Z DI KOTA MANADO ( STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS

EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO). Jurnal EMBA, 12 (1),441-452

Ayu, F. F., Salsabillah, M. T., Zahra, R. A., Hidayat, R. (2024). PERAN PEMASARAN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN BISNIS PADA BRAND

SOMETHINC. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi,2 (4): 256–266

Mia Adisty Amin. (2020). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dannOnline Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 152.

Pricilia Melisa. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas SAM Ratulangi, 7(2), 385.

Adityawan, I P. R., & Kusuma, A. G. A. (2018). Peran Materialisme Memoderasi Persepsi Nilai dan Consumer Innovativeess Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Produk Iphone di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3):1510-1538

Onigbinde, I.O., & Odunlami, S. A. (2015). The Influence of Brand Image and Promotional Mix On Consumer Buying Decision A Study of Beverage Consumers In Lagos State Nigeria. British Journal of Marketing Studies, 3(4), 97-109.

Ginting, M. & Sembiring, H. (2017). The Effect of Product Innovation, Product Quality And City Image om Purchase Decision of Uis Karo Woven Fabric. Advances in Economics Business and Management Research, 46, 593-598.

Sudaryanto, Subagio, A., Awaliyah, I. N., Wulandari, D., & Hanim., A. (2019). Influence of Brand Image, Price, and Promotion on Cosumer’s Buying Decision of Fast Moving Consumer’s Goods With Culture As A Moderating Variabel In Basmallah Retail Store In Indonesia. International Journal od Scientific and Technology Research, 8:3, 85-92.

Kurniawan, A.R., & Idris. (2015). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Melalui Persepsi Nilai sebagai Intervening. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 12(2015), 53-65.

Karunia, F. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Menggunakan Kartu IM3 di Surakarta: Studi Kasus pada Konsumen yang Menggunakan Kartu Jaringan Seluler IM3 di Surakarta. Skripsi Sarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Riatmaja, D. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Marketing Mix Terhadap Niat Beli Di Hypermarket Dengan Persepsi Nilai Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Aghinya STIESNU Bengkulu, 1:1, 57- 73.

Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When Generations Collide: Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: HarperCollins.

Yuswohady. (2016). Millennial Trends 2016.http://www.yuswohady.com/2016/01/1 7/millennial-trends-2016/.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Edisi Kedua. Bogor : Ghalia Indonesia.

Samosir, V. H. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Promosi, Dan Testimoni E- Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Feb Uma Pengguna Shopee. In Universitas Medan Area.

Utari, Y. D. (2022). Analisis Kualitas Produk, Promosi Online, Dan Testimonial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Scarlett Whitening Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UN PGRI Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rohadian, S., & Amir, M. T. (2019). Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4), 179–186. https://doi.org/10.36782/jemi.v2i4.1925

Simatupang, M. P., & Utomo, D. P. (2019). Analisa Testimonial Dengan Menggunakan Algoritma Text Mining Dan Term Frequency- Inverse Document Frequence (Tf- Idf) Pada Toko Allmeeart. KOMIK (Konferensi NasionalTeknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 808–814.

Satrio, R. D., & Pudjoprastyono, H. (2022). Analisis Pengaruh Testimoni Dan Endorsement Terhadap Minat Beli Pada Toko Seikat Kembang Madiun. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 563–568.

Purba, J. S. (2012). Analisis Pengaruh Persepsi Nilai Konsumen terhadap Minat Beli Produk Private Label Hypermart Carrefour di Kota Semarang. Semarang:

Universitas Diponegoro.

Maghfiroh, A., Arifin, Z., & Sunarti. (2016). Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 132-140.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Adriansyah, M. A., & Aryanto, R. (2011). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Proses Keputusan Pembelian J&C Cookies.

Zahra R. Ratika. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmawati Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung. Jurnal Lontar, 6(1), 45.

Widyaningrum, P. W. (2018). Pengaruh Label Halal, Asosiasi Merek, Iklan, dan Celebrity Endroser terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Malang. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2),

Natalia Junni Kalangi. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 46.

Leonardo dan Rezi Erdiansyah. (2020). Pengaruh Selebrity Endorsement dan Perceived Advertising Value terhadap Keputusan Pembelian di Fore Coffee. Prologia, 4(2), 231.

Fuadi. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Investasi Islam, 6(2), 5.

Dini Arista Patricia. (n.d.). Pengaruh Country of Image dan Pereived Value Terhadap Keputusan Pembelian Tony Moly Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4), 594.

Dewi Rosa Indah. (n.d.). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 92.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Vaesya, J. A. Z., & Setiyarin, T. (2025). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN TESTIMONI PENGGUNA TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN NIAT PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN: PERSPEKTIF GENERASI MILENIAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7933–7939. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51011

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.