PENGARUH KEGIATAN TADARUS AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN SISWA TERHADAP AL-QURAN (STUDI KASUS DI SDN JATIRASA III)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31923Keywords:
Tadarus, Kualitas Baca, Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukan ada indikasi menurunnya kualitas bacaan siswa terhadap Al-Qur’an dikarenakan kurangnya pengawasan dab pembinaan guru di sekolah. Selain itu, siswa tidak mengikuti tadarus Al-Qur’an juga karena pengaruh faktor internal dan faktor eksternal. Untuk itu, penelitian ini bermaksud mengungkapkan peran perhatian guru terhadap kualitas bacaan Al-Qur’an siswa, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Tadarus Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan siswa terhadap Al-Qur’an di SDN Jatiarasa III Bekasi.Kegiatan tadarus Al-Qur'an berdampak terhadap pembacaan Al-Qur'an siswa di SD Negeri Jatirasa III Bekasi, sesuai hipotesis peneliti, Ha. Dampaknya ringan hingga cukup besar. Dalam penelitian ini, pendekatan korelasional kuantitatif digunakan. Siswa SDN Jatiarasa III Bekasi berjumlah 32 orang yang dipilih melalui prosedur seleksi acak langsung. Mereka juga dilengkapi dengan alat pengumpulan data, termasuk kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Sementara itu, teknik korelasi product moment digunakan dalam analisisnya. Berdasarkan temuan penelitian, uji koefisien product moment menghasilkan "rxy" atau "ro" sebesar 0,435, dan tabel "rt" signifikan pada tingkat signifikansi 5% dan 1% (yaitu 0,349 dan 0,449), yang menunjukkan bahwa "ro"> "rt" signifikan pada kedua tingkat. Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui berdasarkan temuan tersebut, sedangkan Hipotesis Null (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Dengan demikian, dapat dikatakan kegiatan Tadarus Al-Qur'an berdampak pada peningkatan taraf membaca Al-Qur'an Siwa di SDN Jatiarasa III Bekasi.Downloads
Published
2024-07-20
How to Cite
Rizkiyah, N. ., & Syairozi, I. . (2024). PENGARUH KEGIATAN TADARUS AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN SISWA TERHADAP AL-QURAN (STUDI KASUS DI SDN JATIRASA III). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10726–10729. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31923
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nuraini Rizkiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.