PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS IV SDN 50/II LUBUK LANDAI

Authors

  • Taufiq Hidayat Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Nurlev Avana Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Aprizan Aprizan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50086

Keywords:

Hasil Belajar, Teams Games Tournament.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang belum optimal di kelas IV SDN 50/II Lubuk Landai, di mana guru masih menggunakan metode ceramah satu arah dan siswa kurang terlibat aktif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus pada semester II tahun ajaran 2025/2026 dengan subjek 21 siswa. Model yang digunakan mengacu pada desain dari Arikunto, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 50/II Lubuk Landai. Proses pembelajaran meningkat dari kategori Cukup menjadi Sangat Baik, ditandai dengan meningkatnya keterlibatan siswa dalam diskusi, permainan, dan turnamen. Ketuntasan belajar juga naik dari 52,38% (11 siswa) pada Siklus I menjadi 80,95% (17 siswa) pada Siklus II. Hal ini membuktikan bahwa model TGT efektif mendorong partisipasi aktif dan pemahaman siswa.

References

Apdoludin, K. S., Hamzah, I., Zunarti, R., Nafis, M., & Kurniawan, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach. Deepublish Publisher.

Aprizan, Nurlev Avana, Sundahry Dahry, Jumiyatun. (2020) Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Course Review Horay (CRH) Di Kelas Iv Sd N 65/II Sungai Bangsat Kecamatan Pelepat. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 2720 - 9725.

Avana, N., Wiyoko, T., & Wulandari, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas V Sdn 219/Ii Btn Lintas Asri Kecamatan Bungo Dani. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 87–96.

Fauzan, H., & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175.

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Novianto, A., Fitriani, N., Deniswa, A. S., Izzati, M. H., Firdaus, F., Ningrum, N., & Dewi, R. C. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 946–960.

Salsabila, N. A., Selma, A., Karamy, A., Rohmah, S., & Nurhasanah, A. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament ( TGT ) dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa ( Studi Kegiatan Praktik Pengenalan Lingkungan Persekolahan di SMAN 6 Pandeglang ). Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 03(1), 270.

Sofiyah, K., Nasution, N. E., Amelia, A., & Hutagalung, L. A. (2025). Pengaruh Kesadaran Siswa Terhadap Pentingnya Matematika dalam Karir di Era Digital dan Ekonomi Berbasis Pengetahuan. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, Volume. 2.

Wayan, I., Prasetya, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Wordwall: Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 163–172.

Downloads

Published

2025-08-23

How to Cite

Hidayat, T., Avana, N., & Aprizan, A. (2025). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS IV SDN 50/II LUBUK LANDAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7380–7386. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50086

Similar Articles

<< < 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.