PENERAPAN APLIKASI SLIMS MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL PADA PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 KECAMATAN SULIKI

Authors

  • Tyas Tuago Universitas Negeri Padang
  • Marlini Marlini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47465

Keywords:

Senayan Library Managent System (SLiMS), Servqual, Perpustakaan SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) pada Perpustakaan SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki terhadap kualtias layanan  berdasarkan metode servquaL. Penelitian ini juga sebagai sumber informasi dalam menyelesaikan tugas akademik mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif. Hal ini dikarenakan data  dalam penelitian ini berupa angka, yaitu pengukuran skor berupa gap (kesenjangan) antara persepsi dengan harapan pemustaka mengenai kualitas layanan perpustakaan. Skor tersebut didapatkan dari data kusioner yang diperoleh melalui responden yaitu siswa dan dilakukan pengujian menggunakan teori atau metode, dalam penelitian ini menggunakan metode servqual. Hasil penelitrian ini menunjukkan bahwa tanggapan dan persepsi pengguna atau pemustaka memberikan penilaian yang kurang baik terhadap kualitas layanan Perpustakaan SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki selaku penyedia layanan SLiMS, sehingga perlu dilakukan perbaikan kualitas layanan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis gap (kesenjangan) dimana ada empat variabel yang memiliki gap (kesenjangan) yang bernilai negatif, sedangkan yang bernilai positif hanya ada satu variabel

References

Ashari, E. A. (2019). Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas

Jember 2019. 55.

Atay, G., & Yilmaz, N. (2018). A New Approach To Library Concept: Library-On-Duty. 11(58),

9.

Azwar, M. (2013). Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan Dengan Senayan Library

Management System (Slims). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 1(1), 19. Https://Doi.Org/10.24252/V1i1a3

Fediantos, F., & Rahmah, E. (2025). Implementasi TIK Berdasarkan Standar Nasional

Perpustakaan (Perpusnas Ri No. 4 Tahun 2024) Di Smp Negeri 15 Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4651–4657. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44915

Firliana, R., Kasih, P., & Sulastri, H. S. (2016). Sistem Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap

Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Semnasteknomedia Online, 4(1), 1–205.

Ganda, Y. O., Londa, N. S., & Putri, A. K. (2018). Penerapan Aplikasi Senayan Library

Management System (Slims) Dalam Meningkatkan Layanan Pengguna Di Perpustakaan Unika De La Salle Manado. Acta Diurna Komunikasi, 7(3), Article 3. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Actadiurnakomunikasi/Article/View/19689

Huda, F. A. (2017, June 13). Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Perpustakaan Sekolah.

Fatkhan.Web.Id. Https://Fatkhan.Web.Id/Pengertian-Fungsi-Dan-Tujuan-Perpustakaan-Sekolah/

Krisnan. (2021, March 22). Berikut Ini 4 Pengertian Metode Kuantitatif Menurut Para Ahli.

Meenta. Https://Meenta.Net/Metode-Kuantitatif/

Ningsih, R. D., & Primadesi, Y. (2025). Kualitas Layanan Sirkulasi Mandiri Di Dinas Kearsipan

Dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4805–4812. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45161

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian, Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah. Perpustakaan

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (Stik); Kencana. Http://Library.Stik-Ptik.Ac.Id

Prananda, Y., Lucitasari, D. R., & Khannan, M. S. A. (2019). Penerapan Metode Service Quality

(Servqual) Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan. Opsi, 12(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.31315/Opsi.V12i1.2827

Senayan (Perangkat Lunak). (2021). In Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas.

Https://Id.Wikipedia.Org/W/Index.Php?Title=Senayan_(Perangkat_Lunak)&Oldid=18929138

Servqual; Metode Tepat Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan. (2012, May 10). Website

Upt Perpustakaan Dan Percetakan. Https://Digilib.Undip.Ac.Id/2012/05/11/Servqual-Metode-Tepat-Meningkatkan-Kualitas-Layanan-Perpustakaan/

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Tuago, T., & Marlini, M. (2025). PENERAPAN APLIKASI SLIMS MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL PADA PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 KECAMATAN SULIKI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6025–6032. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47465

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.