IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA INKLUSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KASUS DI SMKN 7 JAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47462Keywords:
Pendidikan Agama Islam Metode Pengajaran Inklusif, Slow LearnersAbstract
Penelitian ini mengkaji pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus, terutama siswa lambat belajar, di SMKN 7 Jakarta. Metode pembelajaran yang diterapkan bersifat fleksibel dan menyesuaikan kemampuan siswa dengan penggunaan alat peraga, simulasi, dan media visual guna memudahkan pemahaman materi agama. Guru PAI dan Guru Pendamping Khusus (GPK) berperan penting dalam kolaborasi pembelajaran yang suportif dan individualistis. Tantangan yang dihadapi meliputi pemahaman konsep abstrak, waktu belajar yang lebih lama, serta kebutuhan inovasi metode pengajaran. Dukungan kebijakan sekolah yang inklusif dan peran aktif orang tua dalam pembiasaan nilai agama di rumah menjadi faktor penunjang keberhasilan pendidikan agama bagi siswa inklusi. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang kontekstual dan individual, serta sinergi antara sekolah dan keluarga untuk mengoptimalkan internalisasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari siswa berkebutuhan khusus.References
Abdul Hakim Hidayat, Anisa Rahmi, Nyai Ai Nurjanah, Yusuf Fendra, & Wismanto Wismanto. (2024). Permasalahan Penerapan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 102–111. Https://Doi.Org/10.62383/Hardik.V1i2.189
Afifah, N. , & M. S. (2022). Strategi Pembelajaran Inklusif Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Menengah.
Almeida, E., Rosero, A., Chiluiza, W., & Castillo, D. (2021). Edición Especial I, Abril.
Anshar, M., Ismail, I., Zakariyah, A., & Syahrul Alim, A. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Mapel Fiqih Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Mts Wachid Hasyim Surabaya. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 359. Https://Doi.Org/10.29240/Belajea.V5i2.1723
Ayuni, M., Bayu Pratama, K., & Sapitri Nasution, N. (2024). Implementasi Metode-Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam (Pai). 2, 753–765. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.14568161
Dzata Mirrota, D., & Al-Urwatul Wutsqo Jombang, S. (2024). Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah Inklusi. 13(1). Https://Doi.Org/10.54437/Juw
Faihanah, L., & Muniroh, A. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 202–210. Https://Doi.Org/10.58518/Awwaliyah.V5i2.1126
Farisiyah, A., & Budiarti, Y. (N.D.). Analisis Keterampilan Sosial Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi Upt Sd N 1 Ganjaran.
Fitriana, D., Irmata Putri, R., Fajrin, E., & An Shoriah, K. (N.D.). Tinjauan Terhadap Paradigma Pengembangan Anak: Strategi Pendidikan Untuk Memperkuat Potensi Siswa Slow Learner Di Sdn 03 Alai.
Guru, S., Pembelajaran, D., Agama, P., Bagi, I., Khusus, A. B., Arif, M., Nurva’izah, S., Kasturi, M., & Aziz, N. A. (N.D.). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Https://Doi.Org/10.35891/Amb.V8i2.4717
Hayu, W. R. R., Dhania, H., Prasetyo, T., Rasmitadila, R., & Amril, L. (2024). Program Development And Learning Evaluation (Mediva) For Slow Learning Students Of The Primary School Teacher Education Study Program. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 257–267. Https://Doi.Org/10.30997/Jtdik.V11i2.11108
Hehakaya, E., & Pollatu, D. (N.D.). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
Hyassat, M., Al-Bakar, A., Al-Makahleh, A., & Al-Zyoud, N. (2024). Special Education Teachers’ Perceptions Of Parental Involvement In Inclusive Education. Education Sciences, 14(3). Https://Doi.Org/10.3390/Educsci14030294
Kartika, A., Uin Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, St, Said Husin, M., & Rahmawati, I. (2023). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi Di Smp Negeri 7 Samarinda. In Sultan Idris Journal Of Psychology And Education (Vol. 2, Issue 2).
Konstantinos, G. (2024). Thematic Analysis: A Practical Guide. European Journal Of Psychotherapy & Counselling, 1–4. Https://Doi.Org/10.1080/13642537.2024.2391666
Korikana, A. (2020). “Slow Learners- A Universal Problem And Providing Educational Opportunities To Them To Be A Successful Learner.” People: International Journal Of Social Sciences, 6(1), 29–42. Https://Doi.Org/10.20319/Pijss.2020.61.2942
Muhyatun, M. (2019). Upaya Preventif Perilaku Menyontek Siswa Melalui Layanan Dukungan Sistem. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). Https://Doi.Org/10.29240/Belajea.V4i2.891
Muniarti Erni, Anastasia Zahrah Nouf. (2022). Pendidikan Inklusif Ditingkat Sekolah Dasar. Pendidikan Inklusif Ditingkat Sekolah Dasar.
Mustaqimah, N., Wijaya, A., Latjompoh, M., Ashzar Ibrahim, Y., Rahmawati, E., Djerubu, D., Bayu Nugroho, P., Sutri Utami, E., Kusuma Wardhani, D., Wisendy Sina, M., Armianti Soemardjo, H., Rikson Maruwahal Sijabat, R., & Hidayah, N. A. (N.D.). Psikologi Pendidikan Dalam Belajar Dan Pembelajaran Pt. Mifandi Mandiri Digital.
Nurfadhillah, S., Fitri, A. N., Utami, D., Navyanti, F., J, G. S., Ustianingsih, L., Izzah, N., & Amalia, R. R. (2022). Pendidikan Inklusi Dengan Anak Penyandang Ketunaan Slow Learner (Lambat Belajar) Dan Cibi (Cerdas Istimewa, Berbakat Istimewa). Alsys, 2(1), 84–94. Https://Doi.Org/10.58578/Alsys.V2i1.144
Nurul Aini. (2021). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Menengah Kejuruan. Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa Berkebutuhan Khusu Disekolah Menengah Kejuruan.
Pujita Sari, A., & Susanti, L. (2024). Pendidikan Berkebutuhan Khusus Pada Anak Tunalaras (Gangguan Sosial-Emosi). Educational Journal Of Innovation And Publication (Ejip), 3(1), 2024. Https://Scholar.Google.Com/
Rousseau, L. (2021). “Neuromyths” And Multiple Intelligences (Mi) Theory: A Comment On Gardner, 2020. Frontiers In Psychology, 12. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2021.720706
Rusyani, E., Saepulloh, A., Maryanti, R., Ragadhita, R., Fitria, D., & Husaeni, A. (2021). The Effect Of The Team-Games-Tournament Method On Improving The Learning Ability Of Student With Hearing Impairment In Multiplication Concepts. Https://Doi.Org/10.17509/Xxxx.Vxix
Sari, S. F., & Fernandes, R. (2022). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Masa Pandemi Pada Setting Sekolah Inklusif (Studi Kasus: Sma Negeri 2 Bukittinggi). Naradidik: Journal Of Education And Pedagogy, 1(2), 118–126. Https://Doi.Org/10.24036/Nara.V1i2.23
Suparno, S., Praptiningrum, N., & Purwandari, E. (2019). Dampak Implementasi Pendidikan Inklusi Terhadap Aspek Akademik Siswa Lamban Belajar (Slow Learner). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 23–28. Https://Doi.Org/10.21831/Jpipfip.V11i1.23795
Syafarina, L., Mulyasa, E., Smp, K., & Bandung, M. (2021). Strategi Manajerial Penguatan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 7(4), 2036–2043. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i4.1250
Tanjung, R., Supriani, Y., Arifudin, O., Rakeyan Santang Karawang, S., & Agus Salim Lampung, I. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Pada Lembaga Pendidikan Islam Article History. In Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Fauzia, Yuli Marlina, Maryam Sulaeman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




