PENGARUH MINAT TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SURVEY DI SMK NEGERI 26 JAKARTA

Authors

  • Nisfe Jehan Apriani Universitas Islam Jakarta
  • Maryam Sulaeman Universitas Islam Jakarta
  • Soraiya Soraiya Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31745

Keywords:

Minat Belajar, Prestasi Belajar.

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia tergolong masih rendah. Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga menyulitkan dalam pemerataan pendidikan. Pembangunan yang belum merata mengakibatkan kualitas pendidikan pada masing-masing daerah di Indonesia tidak sama. Pendidikan saat ini telah menjadi perhatian penting bagi kita semua, khususnya untuk semua orang tua. Rendahnya minat merupakan salah satu penyebab prestsi peserta didik rendah. Dalam mengenyam pendidikan tentu di perlukan suatu usaha dalam mencapainya dan juga dukungan.dari berbagai pihak. Dukungan minat belajar menjadi penting, dan menjadi salah satu kunci yang mempengaruhi prestasi akademis. Minat belajar yang tinggi dapat mendorong siswa untuk mencapai potensi terbaiknya, sedangkan minat belajar yang rendah bisa menjadi penghalang dalam mencapai prestasi yang optimal. Metode penelitian menggunakan deskriptif analisis,  sampel berjumlah 48 responden SMK Negeri 26 Jakarta, pengambilan data menggunakan, observasi, wawancara dan angket. Sedang analisis data menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik.

References

Ahmad Syafi’i, T. M. (2018, Juli). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komuniasi Pendidikan, 2(2).

Azra, A. (2015). “Genealogy Of Indonesian Islamic Education: Roles In The Modernization Of Muslim Society. Heritage Of Nusantara. International Journal Of Religious Literature And Heritage, 4(1), 85-114.

Ega Tria Karisma, D. S. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kelas Iv Sdn Jleper 01. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 121-126.

Eva, N. Y. (2020, Desember). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. Journal Of Education And Instruction, 3(2), 172-179.

Lutfi Gusmawati, S. A. (2020, April). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 36-42.

Nurasia, & Gustiani. (2021). Pengaruh Minat Belajar Dan Dukungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sdn 433 Bajoe. Jurnal Pembelajaran Ipa Terpadu: Pelita, 1(1).

Putrina Mesra, E. K. (2021, Juni). Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajarsiswa Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 17-183.

Rahmat Hidayat, F. L. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Mis Al-Hasanah Medan Tp. 2019/2020. Jurnal Dharmawangsa, 93-103.

Ri, D. A. (2006). Undang-Undang Dan Peratutan Pemerintah Ri Tentang Pendidikan. Dirjen Pendidikan Islam.

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 440-450.

Saiful Akmal, E. S. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Reward Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhammadiyah Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(2), 159-177.

Siti Hidayatus Sholehah, D. E. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3), 237-245.

Suryaningsih, A. (2020, Mei). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didk. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 7(1), 1-10.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Science Education, 1(1), 116-132.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2015.(Sugiyono, 2015)

Tohol Simamora, E. H. (2020, Juli). Faktor-Faktor Determinan Yangmempengaruhiprestasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 191-205.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2).

Zuraini, Z. A. (2016, Agusuts). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I Sdn 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42-55.

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Apriani, N. J. ., Sulaeman, M. ., & Soraiya, S. (2024). PENGARUH MINAT TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SURVEY DI SMK NEGERI 26 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10558–10567. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31745