PENGARUH PEMBELAJARAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SURVEY DI SMK NEGERI 26 JAKARTA

Authors

  • Sintia Putri Pangestu Universitas Islam Jakarta
  • Maryam Sulaeman Universitas Islam Jakarta
  • Nur Irsyadiah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32221

Keywords:

Pembelajaran, Pembentukan Karakter.

Abstract

Saat ini, Indonesia menghadapi tantangan berupa krisis moral di kalangan siswa, terutama mereka yang berada dalam masa remaja. Pendidikan Agama Islam menjadi aspek yang perlu diberi perhatian khusus dalam implementasi pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, upaya penguatan pendidikan karakter di sekolah menjadi sangat penting untuk membentuk generasi muda berakhlak mulia dan berintegritas tinggi. Krisis moral di sekolah tercermin dalam berbagai perilaku yang kurang baik. seperti : menyontek, berkelahi, bolos, melanggar tata tertib, tidak menghormati guru, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran terhadap pembentuk karakter, untuk mengukur seberapa besar pengaruh pembelajaran terhadap pembentukan karakter dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter pada peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, pengumpulan data melalui observasi dan angket, analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Berpengaruh Terhadap Pembentukan Karakter Sebesar = 0,513, atau 50,23 %. Besar pengaruhnya sebesar = 0,281 atau 28,1 %. Sedang Factor-Faktor Yang Mempengarhi Pembentukan Karakter antara lain : factor eksternal dan internal.

References

Aziz, R. A. (2023). TANTANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI ERA TEKNOLOGI. Jurnal Pendidikan Islam, 52.

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Journal APC, 3.

Cica Wiswanti, D. U. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunalaras. Equilibrium, 48.

Iwan. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Sopan Santun Dalam Mewujudkan Lingkungan Pendididkan Humanis. Cirebon: CV Convident.

Laia, B. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Digital. Sukabumi: CV Jejak.

Muhayati, S. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID 19. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter Dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nur'aini. (2021). Metode Pengajaran Agama Islam. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Nurhudayana, M. D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Lembang Kabupaten Pinrang. Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 57-70.

Nur Irsyadiah, Maryam Sulaeman, Mulki Siregar2023, PERSPEKTIF DINAMIKA PENDIDIKAN DALAM MERDEKA BELAJAR Tema : Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Peserta Didik Di Era 5.0

Patoni, A. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Purbalingga: Euraka Media Aksara.

Puspitasari, N., Relistian. R, L., & Yusuf, R. (2022). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1). Https://Doi.Org/10.30863/Attadib.V3i1.2565

Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidance) Dan Perkembangannya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 42.

Subagyo. (2015). Buku Panduan FIS Peduli Menguatkan Konservasi Sosial. . Semarang: FIS Press.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2015.(Sugiyono, 2015)

Tsauri, S. (2015). Pendididkan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.

Wahid, A. (2015). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Istiqra', 21.

https://Www.Kompasiana.Com/F Arhanfahrullah9629/ 63983e75d5af03749e1175f2/ Pembentukan-Karakter-Melalui-Pendidikan-Agama-Islam?Page=All#Section1) Diakses Pada Minggu, 02 Juni 2024 Pukul 02.26 WIB.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Pangestu, S. P. ., Sulaeman, M. ., & Irsyadiah, N. . (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SURVEY DI SMK NEGERI 26 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11084–11093. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32221