PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD INPRES PACCERAKKANG MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47224Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Quizizz, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasi Quizizz terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Inpres Paccerakkang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif dan model One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.A SD Inpres Paccerakkang berjumlah 29 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 33 nomor, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data di analisis secara deskriptif dan menggunakan uji normalized gain (N-Gain) untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 60.66 sedangkan hasil posttest meningkat menjadi 86.97. Nilai rata-rata N-gain sebesar 0.68 berada pada kategori sedang, yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media Quizizz. Selain itu, 93% siswa mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah perlakuan, meningkat dari hanya 17% pada tahap awal. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaraninteraktif berbasis Quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.References
Al Ikhsan, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar untuk Kemampuan Penalaran Matematis.
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288
Andriani, S. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) terhadap Keputusan Pembelian. Journal Ekonomi Dan Manajemen, 1–23.
anisaAnisa Fauziyah, D. (2023). Instrumen Tes dan Non tes pada Penelitian. Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8468
Arrahim, Rini Endah Sugiharti, H. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 208–218. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.497
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604
Fadilah,f A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Fatah, R. P., Kisai, A. A., & Labudasari, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV SDN 1 Cirendang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. El-Muhbib:Jurnal Pemikiran & Penelitian Pendidikan, 7(1), 29–40. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/101/117
Febriyanty, A. I., Suryaningsih, T., & Iska, Z. N. (2021). Pengaruh Penggunaan QUIZIZZ terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Sekolah Dasar. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 264–281. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.23811
Firdausia, S., Setiawan, I. P., & Maulidnawati, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif (Explicit Instruction) terhadap Karakter dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Murid. ALENA : Journal of Elementary Education, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.59638/jee.v1i1.8
Henniwati, H. (2021). Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 SMK Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 83–88. https://doi.org/10.37755/sjip.v7i1.424
Husna, A., Fauzan, F., Akram, Nasir, & Nurwahida. (2023). Pengaruh Penggunaan Quizizz Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Kelas X.1 SMA Negeri 6 Maros. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 165–171.
Maharani, F., Erlisnawati, & Alpusari, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.133
Maspupah, A., & Wulan, S. R. (2021). Peningkatan Keterlibatan Peserta Didik pada Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Fitur Lesson Quizizz. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 439. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3761
Meylovia, D., & Alfin Julianto. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84–91. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.128
Mursyidi, W. (2020). Kajian Teori Belajar Behaviorisme dan Desain Instruksional. In Almarhalah (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.38153/almarhalah.v3i1.30
Nurfadilah, Bancong, H., Saad, R., & Fiskawarni, T. H. (2025). Direction of Gamification in Science Education: Literature Review and Indexed Bibliography. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 24(4), 568–591. https://doi.org/10.26803/ijlter.24.4.26
Nurfadilah, N., Putra, D. P., & Riskawati, R. (2021). Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 108–115. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.14
Nurlina, S. S., & Nurfadilah, S. P. (2024). Game Edukasi Quizizz Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Fisika. Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id, December. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/33836-Full_Text.pdf
Rahman, N., Mayasari, A., Arifudin, O., & Wahyu Ningsih, I. (2021). Pengaruh Media Flashcard dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296
Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873–2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766
Rahmawati, E., Mushafanah, Q., & Fajriyah, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Meteseh Kecamatan Boja. 4(24), 242–251. https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17810
Redi Firmansyah, Kholidin, N., Pariyem, P., & Enggar Kencana Dewi, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa MIN. FingeR: Journal of Elementary School, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.30599/finger.v2i2.658
Rohmah, N. (2021). Media Pembelajaran Masa Kini: Aplikasi Pembuatan dan Kegunaannya. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(2), 177–181. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i2.771
Santoso, J. T. B., Prabawati, A., & Octavianto, S. N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Tebo. Business and Accounting Education Journal, 4(3), 329–336. https://doi.org/10.15294/baej.v4i3.78256
Saripaini, A. kahar, & Madaling. (2024). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Panca Rijang Kabpaten Sidendreng Rappang. 09(04).
Sinaga, W. T. M., Sihombing, L. N., & Napitupulu, R. P. (2024). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1804–1812. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7486
Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Bapala: Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34508
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33
Suciati, Hajerina, Dewi, Wahyuni, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika.pdf (A. Hapsan (ed.); 1st ed.). CV. Ruang Tentor.
Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. In Ahlimedia Press.
Trygu. (2021). Menggagas Konsep Prestasi Belajar Matematika (Guepedia (ed.); Cetakan ke). GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books?id=ZddUEAAAQBAJ
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor ang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Azisah, Maruf Maruf, Nurfadilah Nurfadilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




