MODUL AJAR SOSIOLOGI DENGAN PENDEKATAN MODEL FOUR-D (DEFINE, DESIGN, DEVELOP, DISSEMINATE) MELALUI METODE STUDI LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47015Keywords:
modul ajar, sosiologi, model Four-DAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengembangan modul ajar Sosiologi dengan pendekatan Model Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate) melalui metode studi literatur. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah masih terbatasnya modul ajar sosiologi yang dikembangkan secara sistematis dan terstruktur sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21. Studi ini menelaah berbagai hasil penelitian terdahulu yang berfokus pada inovasi bahan ajar sosiologi, baik berbasis digital, kontekstual, maupun berbasis proyek dan budaya lokal. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif seperti blog, flipbook, articulate storyline, permainan edukatif, hingga platform digital seperti Quipper School mampu meningkatkan motivasi, minat, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sosiologi. Namun demikian, penerapan model Four-D dalam pengembangan modul sosiologi masih belum banyak ditemukan secara komprehensif dalam literatur. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam menawarkan dasar konseptual untuk pengembangan modul ajar sosiologi berbasis model Four-D. Pendekatan ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam merancang bahan ajar yang tidak hanya informatif, tetapi juga kontekstual, menyenangkan, dan mudah diterapkan dalam berbagai kondisi pembelajaran. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut berupa pembuatan dan uji validasi produk modul berdasarkan hasil studi literatur yang telah dilakukan.References
Adityo, B., & Junaidi, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 5. Sikola: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. https://scholar.archive.org/.../sikola/article/download/125/60
Armellini, A., & Maxwell, R. (2015). Social innovation education: Towards a framework for learning design. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 5(3), 203–216. https://pure.northampton.ac.uk/files/256662/AldenRivers20157601.pdf
Barth, M., & Timm, J. (2011). Higher education for sustainable development: Students' perspectives on an innovative approach to educational change. Journal of Social Science, 7(1), 13–23. https://papers.ssrn.com/sol3/Delivery.cfm?abstractid=1978184
Fadilah, N., & Nurlizawati, N. (2025). Pengembangan Sumber Belajar Menggunakan Google Site Berbantuan Linktree Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Naradidik: Journal of Education and Learning, 6(1). https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/261
Fernandes, R., & Khairiyah, E. (2021). Pengembangan blog modul sosiologi untuk meningkatkan minat belajar siswa Kelas X IPS di SMA N 2 Bilah Hulu. Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. https://scholar.google.com/scholar?cluster=8315393106377064422
Haaker, M., & Morgan-Brett, B. (2017). Developing research-led teaching: Two cases of practical data reuse in the classroom. SAGE Open, 7(2), 1–10. https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/2158244017701800
Ilham, P. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Total Station pada Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Repositori UNM. https://eprints.unm.ac.id/15299/
Kudus, W. A., & Lindawati, Y. I. (2024). Pengembangan E-Modul Literasi Digital Pada Materi Harmoni Sosial Kelas XI SMAN 2 Pandeglang. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(1). http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/view/2200
Lestari, H. Y. A., Riyadi, R., & Kamsiyati, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal Keanekaragaman Motif Batik Ngawi sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://www.neliti.com/publications/450095
Ní Dhuinn, M., & Garland, S. A. (2022). Lockdown lessons learned: Reconceptualising a sociology of education module in ITE using a TPACK framework, optimising pedagogy, enhancing student outcomes. Irish Educational Studies, 41(3), 371–388. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/03323315.2021.2023034
Ningsi, F., Ramli, R., & Febrianti, P. (2023). Pengembangan E-Modul Bahasa Inggris Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa SMK. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4(2). https://stkipbima.ac.id/jurnal/index.php/ES/article/download/1687/943
Pebryanti, Z., & Nora, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Flipbook Pada Mata Pelajaran Sosiologi Untuk Kelas XI SMA. Naradidik: Journal of Education and Learning, 5(2). https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/269
Pratiwi, S. M. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Sosiologi Berbasis Aplikasi Quipper School pada MAN 1 Parepare. Repositori IAIN Parepare. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/514
Purnama, G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. EDU RESEARCH: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1). https://iicls.org/index.php/jer/article/view/23
Rahardjo, S. B., Hidayah, A. K., & Saputro, S. (2023). Pengembangan Modul Projek IPAS dengan Model Four-D. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2). https://core.ac.uk/download/pdf/599388285.pdf
Rahayu, Y. W., & Erianjoni, E. (2021). Pengembangan e-modul pembelajaran sosiologi berbasis flipbook maker untuk peserta didik kelas XI IPS SMA. Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2). https://scholar.google.com/scholar?cluster=2726018359228551423
Roviati, E., Danaswari, R. W., & Kartimi, K. (2013). Pengembangan bahan ajar dalam bentuk media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan sosiologi. Scientiae Educatia, 2(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/477
Smith, K. (2012). Lessons learnt from literature on the diffusion of innovative learning and teaching practices in higher education. Innovations in Education and Teaching International, 49(2), 173–182. https://qpm.uni-pr.edu/uploads/files/2016/March/22/Lessons_learnt_from_literature_on_the_diffusion_of_innovative1458678437.pdf
Sudiasih, Y. (2022). Pengembangan bahan ajar sosiologi berbasis articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Universitas Lampung. https://scholar.google.com/scholar?cluster=14316352562724637313
Sulistyowati, P., Wahidiyah, D. M. N., & Ningsih, N. A. (2019). Membangun Karakter Nasionalisme Melalui Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia pada Materi Tokoh-tokoh Proklamasi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1). https://core.ac.uk/download/pdf/231315939.pdf
Sylvia, I., & Dahari, D. R. (2024). Pengembangan E-LKPD Sosiologi Berbasis Multimedia Untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 2 Painan. Naradidik: Journal of Education and Learning, 5(1). https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/210
Wahyudi, B. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Sosiologi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Metakognisi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi (SEMAI). https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/download/1286/676
Zebua, Y., & Telaumbanua, A. (2024). Pengembangan Modul Mata Kuliah Struktur Kayu Berbasis Project Based Learning. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Pembelajaran, 6(1). https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pedagogika/article/view/14606
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suyuti Suyuti, Devi Septiandini, Ike Arriyani, Meilien Mocharom, Putri Wantini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




