MODUL AJAR SOSIOLOGI DENGAN PENDEKATAN MODEL FOUR-D (DEFINE, DESIGN, DEVELOP, DISSEMINATE) MELALUI METODE STUDI LITERATUR

Authors

  • Suyuti Suyuti Universitas Negeri Jakarta
  • Devi Septiandini Universitas Negeri Jakarta
  • Ike Arriyani Universitas Negeri Jakarta
  • Meilien Mocharom Universitas Negeri Jakarta
  • Putri Wantini Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47015

Keywords:

modul ajar, sosiologi, model Four-D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengembangan modul ajar Sosiologi dengan pendekatan Model Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate) melalui metode studi literatur. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah masih terbatasnya modul ajar sosiologi yang dikembangkan secara sistematis dan terstruktur sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21. Studi ini menelaah berbagai hasil penelitian terdahulu yang berfokus pada inovasi bahan ajar sosiologi, baik berbasis digital, kontekstual, maupun berbasis proyek dan budaya lokal. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif seperti blog, flipbook, articulate storyline, permainan edukatif, hingga platform digital seperti Quipper School mampu meningkatkan motivasi, minat, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sosiologi. Namun demikian, penerapan model Four-D dalam pengembangan modul sosiologi masih belum banyak ditemukan secara komprehensif dalam literatur. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam menawarkan dasar konseptual untuk pengembangan modul ajar sosiologi berbasis model Four-D. Pendekatan ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam merancang bahan ajar yang tidak hanya informatif, tetapi juga kontekstual, menyenangkan, dan mudah diterapkan dalam berbagai kondisi pembelajaran. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut berupa pembuatan dan uji validasi produk modul berdasarkan hasil studi literatur yang telah dilakukan.

References

Adityo, B., & Junaidi, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 5. Sikola: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. https://scholar.archive.org/.../sikola/article/download/125/60

Armellini, A., & Maxwell, R. (2015). Social innovation education: Towards a framework for learning design. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 5(3), 203–216. https://pure.northampton.ac.uk/files/256662/AldenRivers20157601.pdf

Barth, M., & Timm, J. (2011). Higher education for sustainable development: Students' perspectives on an innovative approach to educational change. Journal of Social Science, 7(1), 13–23. https://papers.ssrn.com/sol3/Delivery.cfm?abstractid=1978184

Fadilah, N., & Nurlizawati, N. (2025). Pengembangan Sumber Belajar Menggunakan Google Site Berbantuan Linktree Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Naradidik: Journal of Education and Learning, 6(1). https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/261

Fernandes, R., & Khairiyah, E. (2021). Pengembangan blog modul sosiologi untuk meningkatkan minat belajar siswa Kelas X IPS di SMA N 2 Bilah Hulu. Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. https://scholar.google.com/scholar?cluster=8315393106377064422

Haaker, M., & Morgan-Brett, B. (2017). Developing research-led teaching: Two cases of practical data reuse in the classroom. SAGE Open, 7(2), 1–10. https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/2158244017701800

Ilham, P. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Total Station pada Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Repositori UNM. https://eprints.unm.ac.id/15299/

Kudus, W. A., & Lindawati, Y. I. (2024). Pengembangan E-Modul Literasi Digital Pada Materi Harmoni Sosial Kelas XI SMAN 2 Pandeglang. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(1). http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/view/2200

Lestari, H. Y. A., Riyadi, R., & Kamsiyati, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal Keanekaragaman Motif Batik Ngawi sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://www.neliti.com/publications/450095

Ní Dhuinn, M., & Garland, S. A. (2022). Lockdown lessons learned: Reconceptualising a sociology of education module in ITE using a TPACK framework, optimising pedagogy, enhancing student outcomes. Irish Educational Studies, 41(3), 371–388. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/03323315.2021.2023034

Ningsi, F., Ramli, R., & Febrianti, P. (2023). Pengembangan E-Modul Bahasa Inggris Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa SMK. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4(2). https://stkipbima.ac.id/jurnal/index.php/ES/article/download/1687/943

Pebryanti, Z., & Nora, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Flipbook Pada Mata Pelajaran Sosiologi Untuk Kelas XI SMA. Naradidik: Journal of Education and Learning, 5(2). https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/269

Pratiwi, S. M. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Sosiologi Berbasis Aplikasi Quipper School pada MAN 1 Parepare. Repositori IAIN Parepare. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/514

Purnama, G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. EDU RESEARCH: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1). https://iicls.org/index.php/jer/article/view/23

Rahardjo, S. B., Hidayah, A. K., & Saputro, S. (2023). Pengembangan Modul Projek IPAS dengan Model Four-D. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2). https://core.ac.uk/download/pdf/599388285.pdf

Rahayu, Y. W., & Erianjoni, E. (2021). Pengembangan e-modul pembelajaran sosiologi berbasis flipbook maker untuk peserta didik kelas XI IPS SMA. Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2). https://scholar.google.com/scholar?cluster=2726018359228551423

Roviati, E., Danaswari, R. W., & Kartimi, K. (2013). Pengembangan bahan ajar dalam bentuk media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan sosiologi. Scientiae Educatia, 2(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/477

Smith, K. (2012). Lessons learnt from literature on the diffusion of innovative learning and teaching practices in higher education. Innovations in Education and Teaching International, 49(2), 173–182. https://qpm.uni-pr.edu/uploads/files/2016/March/22/Lessons_learnt_from_literature_on_the_diffusion_of_innovative1458678437.pdf

Sudiasih, Y. (2022). Pengembangan bahan ajar sosiologi berbasis articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Universitas Lampung. https://scholar.google.com/scholar?cluster=14316352562724637313

Sulistyowati, P., Wahidiyah, D. M. N., & Ningsih, N. A. (2019). Membangun Karakter Nasionalisme Melalui Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia pada Materi Tokoh-tokoh Proklamasi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1). https://core.ac.uk/download/pdf/231315939.pdf

Sylvia, I., & Dahari, D. R. (2024). Pengembangan E-LKPD Sosiologi Berbasis Multimedia Untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 2 Painan. Naradidik: Journal of Education and Learning, 5(1). https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/210

Wahyudi, B. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Sosiologi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Metakognisi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi (SEMAI). https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/download/1286/676

Zebua, Y., & Telaumbanua, A. (2024). Pengembangan Modul Mata Kuliah Struktur Kayu Berbasis Project Based Learning. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Pembelajaran, 6(1). https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pedagogika/article/view/14606

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Suyuti, S., Septiandini, D., Arriyani, I., Mocharom, M., & Wantini, P. (2025). MODUL AJAR SOSIOLOGI DENGAN PENDEKATAN MODEL FOUR-D (DEFINE, DESIGN, DEVELOP, DISSEMINATE) MELALUI METODE STUDI LITERATUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5849–5855. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47015

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.