ANALISIS PERAN DUKUNGAN TEKNOLOGI SEKOLAH TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN IPS TERPADU

Authors

  • Andi Taufiq Umar Universitas Negeri Medan
  • Septy Idola Simamora Universitas Negeri Medan
  • May Sartika Universitas Negeri Medan
  • Hanifah Hanum Universitas Negeri Medan
  • Putri Alechia Simbolon Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46001

Keywords:

Teknologi Pendidikan, Inovasi Pembelajaran, IPS Terpadu, Dukungan Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dukungan teknologi sekolah terhadap inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik secara umum memiliki persepsi positif terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran IPS. Teknologi terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, mempermudah pemahaman materi, serta mendorong kreativitas dalam penyelesaian tugas. Meskipun demikian, ditemukan sejumlah kendala seperti keterbatasan fasilitas teknologi, kurangnya pelatihan guru, dan belum meratanya akses internet. Dengan demikian, dukungan teknologi dari pihak sekolah memiliki peran penting dalam mendorong inovasi pembelajaran IPS, namun perlu ditingkatkan dari segi infrastruktur dan kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya kebijakan sekolah dan perencanaan strategis yang mendukung integrasi teknologi secara menyeluruh dalam proses pembelajaran IPS Terpadu.

References

Ani Heryani, dkk. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 24.

Fikri. (2017). Model dan Pendekatan Pembelajaran IPS yang Efektif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.

Juliyati. (2021). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Mariyana. (2024). Dampak Media Sosial dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Digital, 4(1), 88–95.

Meidiani, E. P., Imbar, K., & Prawiradilaga, D. S. (2022). Pemanfaatan Prinsip Personalisasi Belajar dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Designing E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 56–62. https://doi.org/10.21009/jpi.051.07

Setiawan, B., Habibah, E. N., Rahmadani, A. P., & Ardianti, D. F. N. (2023). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran IPS. JUPENDIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1167

Sudi Suryadi. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 10.

Sumantri, M. D., Zahirah, A., Bilal, & Safitri, S. (2025). Peran Teknologi pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Isu Global. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.62383/sosial.v3i1.709

Zebua, R., dkk. (2025). Analisis Penggunaan Teknologi terhadap Kreativitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Digital, 3(2), 1–10.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Umar, A. T., Simamora, S. I., Sartika, M., Hanum, H., & Simbolon, P. A. (2025). ANALISIS PERAN DUKUNGAN TEKNOLOGI SEKOLAH TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN IPS TERPADU . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5177–5183. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46001

Similar Articles

<< < 26 27 28 29 30 31 32 33 34 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)