PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL ANAK DI RA AN-NUR GUNTING SAGA

Authors

  • juliana juliana Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ismaraidha Ismaraidha Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45673

Keywords:

Teman Sebaya, Karakter Sosial Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teman sebaya dalam pembentukan karakter sosial anak di RA An-Nur Gunting Saga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lapangan sebagaimana adanya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi/pengamatan jenis, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan tahapan reduksi data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran teman sebaya dalam membentuk karakter sosial anak usia dini di RA An-Nur Gunting Saga dilaksanakan melalui kegiatan seperti: Berbagi, Tolong-Monolong, Bekerjasama, Bersifat Jujur, Dermawan dan Empati melalui pemberian motivasi dan imitasi. Peran motivasi dari guru atau orang tua sebagai pendorong cara berpikir anak usia dini akan membentuk perilaku sosial anak seperti Jujur, Dermawan, Simpati dan Empati. Sedangkan peran imitasi atau peniruan untuk mengembangkan perilaku sosial anak seperti Berbagi, Menolong dan Bekerjasama.

References

Acetylena, Sita, 2018. Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Malang: Madani.

Agustin, M.2020. Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Asmidar Parapat, dkk, 2023. Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Taman Kanak- Kanak. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fadhilah, N., dan Mukhlis, A. M. A. 2021.Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.

Gunarsih, F. D. 2016. Hubungan Interaksi Sosial, Konsep Diri, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Pituruh.

Gunawan, Heri. 2017.Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi.Bandung: Alfabeta.

Izza, H. 2020.Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2020.

Junanto, S., & Kusna, N. A. A.2018. Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP).

Kimani, J.W. 2003. School factors influencing students discipline in public secondary schools in Kinangop district, Kenya. Academic Dissertation. University Of Nairobi.

Maola, P., & Lestari, T. 2021.Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling.

Munisa, dkk.2024. Kesiapan Sekolah Anak dalam Perspektif Psikologi. Medan: PT. Serasi Media Teknologi.

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. 2021.Dampak Pengasuhan Otoriter Terhadap Perkembangan Sosial Anak. JCE (Journal of Childhood Education).

Rahayu Dwi Utami. 2022. Implementasi Pembentukan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan di PAUD Harapan Mandiri Kecamatan Deli Kota Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling: Volume 4 Nomor 6

Rika Widya, dkk. 2020.Holistik Parenting, Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam. Jawa Barat: Edu Publisher.

Susanto, A., dan Aman, A. 2016. Pengaruh pola asuh orang tua, pergaulan teman sebaya, media televisi terhadap karakter siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS.

Zannatunnisya, dkk. 2023. Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini (Integrasi Nilai Spiritual). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

juliana, juliana, & Ismaraidha, I. (2025). PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL ANAK DI RA AN-NUR GUNTING SAGA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4983–4987. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45673

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)