EKSPLORASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG EFEKTIF DI SMAN 8 MEDAN

Authors

  • Putri Octavia Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Trides Mayora Hutasoit Universitas Negeri Medan
  • Irzi Armando Panjaitan Universitas Negeri Medan
  • Melany Yohana Manalu Universitas Negeri Medan
  • Debora Manihuruk Universitas Negeri Medan
  • Elly Prihasti Wuriyani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44564

Keywords:

Bahasa Indonesia, Eksplorasi, Strategi Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif di SMAN 8 Medan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi, ditemukan bahwa guru telah menerapkan berbagai metode pengajaran seperti ceramah, diskusi kelompok, dan tugas individu, meskipun penerapan RPP belum sepenuhnya optimal. Hasil menunjukkan keterlibatan siswa yang bervariasi dalam pembelajaran, dengan tantangan utama meliputi perbedaan kecepatan belajar, ketidakdisiplinan, dan keterbatasan waktu. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia, diperlukan strategi seperti diferensiasi instruksi, penggunaan teknologi pembelajaran, dan manajemen kelas yang efektif, serta pendekatan yang lebih personal dan inovatif. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan guru, peningkatan fasilitas sekolah, dan penerapan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan kemampuan berbahasa siswa secara keseluruhan

References

Agus, M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Pola Pengelolaan Deduktif Dan Induktif Di SMP. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(4), 268–281. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/index

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Anggi Putri Wahyuni, Audi Reyhan Anjani Purba, & Hamidah Farhani Rangkuti. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Mengoptimalkan Keterampilan Berbicara Anak di MI Al-Hasanah Medan. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.645

Ani Sri Mulyani, Laesti Nurishlah, L. F. B. T. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Kerja Sama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.5281/zenodo.10802602

Annas Darma Ahyan Tasita, Shofiyah, H., Lutfi Hakim Sofyan, Muhammad Herdi Maulana, Salsa Eka Saputri, Syahril Septian Gunawan Akbar, & Mochamad Whilky Rizkyanfi. (2024). Peran Bahasa Indonesia dalam Peningkatan Komunikasi dan Interaksi dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(2), 339–347. https://doi.org/10.55081/jumper.v4i2.1770

Guru, E., Negeri, S., & Abstrak, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Cerita (Novel) Sejarah Siswa Kelas XII. AKL 2 SMK Negeri 1 Dumai Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11), 211–221. https://doi.org/10.5281/zenodo.8072435

Hairani1, Innuddin2, M., Rachman3, D. F., Fathoni4, A., & Hadi5, S. (2019). Sosialisasi Internet Sehat, Cerdas, Kreatif Dan Produktif Pada Masyarakat Kalijaga Baru. Valid Jurnal Pengabdian, 1(3), 1–10.

Martono, M. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Pengantar Kajian Pembelajara Efektif). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2137–2145. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.22856

Nurmalasari, W. (2023). Problematika dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2912–2919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6101

Putrayasa, G. N. K. (2024). Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Pembangunan Bangsa. Jurnal Ecobisma, 1(1), 26–34.

Putri, R., Ramadhanti, D., Hayu, L., & Mana, A. (2023). Strategi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA di Kota Padang dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. 8(2), 236–252. https://doi.org/10.32528/bb.v8i2.914

Rafika Elsa Oktaviani, N. (2021). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Sihombing, A. R. D., Sianturi, A., Butar-Butar, F. K., & Surip, M. (2024). Peran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan di era globalisasi. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(3), 9–18. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.912

Wacana, A. O. V., Suaedi, H., & Citraningrum, D. M. (2024). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 13 No 1 , Maret 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 13 No 1 , Maret 2024. Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia V, 13(1), 33–48.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Simbolon, P. O., Hutasoit, T. M., Panjaitan, I. A., Manalu, M. Y., Manihuruk, D., & Wuriyani, E. P. (2025). EKSPLORASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG EFEKTIF DI SMAN 8 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4095–4100. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44564

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)