EKSPLORASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG EFEKTIF DI SMAN 8 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44564Keywords:
Bahasa Indonesia, Eksplorasi, Strategi Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif di SMAN 8 Medan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi, ditemukan bahwa guru telah menerapkan berbagai metode pengajaran seperti ceramah, diskusi kelompok, dan tugas individu, meskipun penerapan RPP belum sepenuhnya optimal. Hasil menunjukkan keterlibatan siswa yang bervariasi dalam pembelajaran, dengan tantangan utama meliputi perbedaan kecepatan belajar, ketidakdisiplinan, dan keterbatasan waktu. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia, diperlukan strategi seperti diferensiasi instruksi, penggunaan teknologi pembelajaran, dan manajemen kelas yang efektif, serta pendekatan yang lebih personal dan inovatif. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan guru, peningkatan fasilitas sekolah, dan penerapan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan kemampuan berbahasa siswa secara keseluruhanReferences
Agus, M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Pola Pengelolaan Deduktif Dan Induktif Di SMP. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(4), 268–281. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/index
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Anggi Putri Wahyuni, Audi Reyhan Anjani Purba, & Hamidah Farhani Rangkuti. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Mengoptimalkan Keterampilan Berbicara Anak di MI Al-Hasanah Medan. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.645
Ani Sri Mulyani, Laesti Nurishlah, L. F. B. T. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Kerja Sama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.5281/zenodo.10802602
Annas Darma Ahyan Tasita, Shofiyah, H., Lutfi Hakim Sofyan, Muhammad Herdi Maulana, Salsa Eka Saputri, Syahril Septian Gunawan Akbar, & Mochamad Whilky Rizkyanfi. (2024). Peran Bahasa Indonesia dalam Peningkatan Komunikasi dan Interaksi dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(2), 339–347. https://doi.org/10.55081/jumper.v4i2.1770
Guru, E., Negeri, S., & Abstrak, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Cerita (Novel) Sejarah Siswa Kelas XII. AKL 2 SMK Negeri 1 Dumai Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11), 211–221. https://doi.org/10.5281/zenodo.8072435
Hairani1, Innuddin2, M., Rachman3, D. F., Fathoni4, A., & Hadi5, S. (2019). Sosialisasi Internet Sehat, Cerdas, Kreatif Dan Produktif Pada Masyarakat Kalijaga Baru. Valid Jurnal Pengabdian, 1(3), 1–10.
Martono, M. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Pengantar Kajian Pembelajara Efektif). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2137–2145. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.22856
Nurmalasari, W. (2023). Problematika dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2912–2919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6101
Putrayasa, G. N. K. (2024). Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Pembangunan Bangsa. Jurnal Ecobisma, 1(1), 26–34.
Putri, R., Ramadhanti, D., Hayu, L., & Mana, A. (2023). Strategi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA di Kota Padang dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. 8(2), 236–252. https://doi.org/10.32528/bb.v8i2.914
Rafika Elsa Oktaviani, N. (2021). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
Sihombing, A. R. D., Sianturi, A., Butar-Butar, F. K., & Surip, M. (2024). Peran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan di era globalisasi. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(3), 9–18. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.912
Wacana, A. O. V., Suaedi, H., & Citraningrum, D. M. (2024). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 13 No 1 , Maret 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 13 No 1 , Maret 2024. Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia V, 13(1), 33–48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 febri raudatul jannah jannah, Trides Mayora Hutasoit, Irzi Armando Panjaitan, Melany Yohana Manalu, Debora Manihuruk, Elly Prihasti Wuriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




