HUBUNGAN LITERASI INFORMASI DENGAN GAYA HIDUP SEHAT DI KALANGAN MAHASISWA PERPUSTAKAAN DAN ILMU INFORMASI UNIVERSITAS NEGERI PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44559Keywords:
Literasi Informasi, Gaya Hidup Sehat, Mahasiswa, Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Universitas Negeri PadangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan literasi informasi dengan gaya hidup sehat mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang. Literasi informasi diukur berdasarkan kerangka The Six Frames for Information Literacy Education, sementara gaya hidup sehat dianalisis menggunakan instrumen Health-Promoting Lifestyle Profile (HPLP) II. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan objek kajian mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang angkatan 2021, 2022, dan 2023 yang telah mengambil mata kuliah literasi informasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert 4-poin. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi informasi mahasiswa berada pada kategori sedang, demikian pula dengan gaya hidup sehat yang juga berada pada kategori sedang. Analisis korelasi menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,597 (p < 0,001) pada taraf signifikansi 0,01 (2-tailed). Nilai R-square (R²) sebesar 0,356 mengindikasikan bahwa sekitar 35,6% variasi dalam gaya hidup sehat dapat dijelaskan oleh literasi informasi, sementara 64,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan literasi informasi dapat menjadi salah satu strategi dalam mendorong gaya hidup sehat di kalangan mahasiswa, serta merekomendasikan pengintegrasian literasi informasi kesehatan dalam kurikulum pendidikan tinggi.References
Alfan, M. M., & Wahjuni, E. S. (2020). Hubungan Literasi Kesehatan dengan Kebiasaan Perilaku Sehat Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 133–137. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Kang, J. H. (2022). Influences of Decision Preferences and Health Literacy on Temporomandibular Disorder Treatment Outcome. BMC Oral Health, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12903-022-02420-x
Ozili, P. K. (2023). The Acceptable R-square in Empirical Modelling for Social Science Research. In Social Research Methodology and Publishing Results: A Guide to Non-Native English Speakers (pp. 134–143). IGI Global.
Pangestu, A. P. (2018). Hubungan Literasi Kesehatan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Mahasiswa Indekos. Universitas Katolik Soegijjapranata.
Rohman, A., & Nurhayati, F. (2021). Hubungan Literasi Kesehatan dengan Pola Hidup Sehat Siswa SMP di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1, 101–106. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Samosir, F. T., & Ginting, R. T. (2023). Literasi Informasi dan Perpustakaan (Cet.1). Jejak Pustaka.
Talitha, S., & Karjoso, T. K. (2022). Tinjauan Sistematik: Meta-Sintesis Faktor Sosial Budaya yang Mempengaruhi Gaya Hidup Remaja. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 799–811.
Tsukahara, S., Yamaguchi, S., Igarashi, F., Uruma, R., Ikuina, N., Iwakura, K., Koizumi, K., & Sato, Y. (2020). Association of eHealth Literacy with Lifestyle Behaviors in University Students: Questionnaire-Based Cross-Sectional Study. Journal of Medical Internet Research, 22(6). https://doi.org/10.2196/18155
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Windyani Aprilia, Yona Primadesi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




