PENGARUH PRAKTIK SHOLAT DHUHA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.41127Keywords:
Sholat Dhuha, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini, Pendidikan Karakter, Kuantitatif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh praktik sholat dhuha terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri dari 22 anak di Taman Kanak-Kanak Aqidah, Palangka Raya. Penelitian ini melibatkan tiga tahap: pretest untuk menilai karakter awal, intervensi melalui praktik sholat dhuha, dan posttest untuk mengukur perubahan karakter setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif praktik sholat dhuha dalam meningkatkan nilai-nilai karakter seperti religiusitas, disiplin, dan kemandirian pada anak usia dini. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan karakter di institusi pendidikan anak usia dini.References
Agung aji saputra. (2020). “Praktik Jual Beli Beras Campuran Menurut Hukum Ekonomi Syariah Di Pasar Welit Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah.” Skripsi IAIN Metro.
Al, S., Wutsqo, U., Ghofur, A., Al, S., & Wutsqo, U. (2022). Pasca pandemi akhlak siswa menurun, hal ini dikarenakan kurangnya pertemuan tatap muka antara guru dengan murid. Saat new normal SDN Blimbing mengerakkan kegiatan. 29(02), 1–18.
Aurana Zahro El Hasbi1, Rima Damayanti2, Dina Hermina3, H. M. (2023). PENELITIAN KORELASIONAL (Metodologi Penelitian Pendidikan). Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.
Mursid, & Maulani, N. H. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Bersama di Sekolah Dasar Berbasis Islam. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4), 169–175.
Nugroho, A. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Minat Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Smk Negeri 1 Sedayu. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(2), 89–98.
Pantu, P. (2022). Pendidikan Karakter Dan Bahasa. Al-Ulum, 14(1), 153–170.
Pendidikan Anak, J., & di SMP Sunan Averouss Yogyakarta, P. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini Asti Inawati. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 2017. https://sofwan07.wordpress.com/2013/12/06/10-tanda-akan-hancurnya-suatu-
Purnomosidi, F. (2022). Sholat Dhuha Sebagai Media Dakwahpada Tenaga Pendidikdi Universitas Sahid Surakarta. Talenta Psikologi, 11(1), 5.
Rahmawati, S. (2023). PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VIII DI MTS AL- KHOIRIYAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA. 1–138.
Rozhiqkha, R., Restian, A., & Aprilia, R. (2024). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Program Pejuang Subuh Di Sd Muhammadiyah 4 Batu. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 1491–1495.
Simorangkir, Y., Solfiah, Y., & Febrialismanto, F. (2020). Hubungan Positive Parenting Dengan Kekerasan Terhadap Anak Di Tk Cendana Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 64–76. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.864
Triana, N. (2022). Pendidikan karakter. Mau’izhah, 11(1), 1–41. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58
Umikyar, T. (2021). Pembiasaan Shalat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di Mts Ahmad Yani Jabung Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 93. http://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/11857%0Ahttp://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/download/11857/9172
Z, M. (2009). VALIDITAS DAN RELIABILITAS SUATU INSTRUMEN PENELITIAN. JURNAL TABULARASA PPS UNIMED, Vol.6(1), 1–97. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfi Bismillah, Ali Iskandar Zulkarnain, Aghnaita Aghnaita, Ana Mupadiah, Melisa Melisa, Santiani Santiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




