STUDI LITERATUR: BAGAIMANA MINAT MEMBACA MEMPENGARUHI PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44258Keywords:
Minat membaca, prestasi akademik, siswa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara minat baca dan prestasi akademik siswa sekolah dasar. Minat baca yang rendah di kalangan siswa dapat berdampak negatif pada pemahaman materi pelajaran serta hasil belajar mereka. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca dan bagaimana hal tersebut berhubungan dengan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan studi literatur yang meliputi analisis berbagai penelitian terdahulu yang membahas pengaruh minat baca terhadap prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan minat baca yang tinggi cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang memiliki minat baca rendah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan siswa untuk memahami materi lebih baik melalui kebiasaan membaca yang sering dilakukan. Selain itu, faktor-faktor seperti lingkungan keluarga yang mendukung, dukungan guru yang aktif dalam mengarahkan siswa untuk membaca, serta akses terhadap bahan bacaan yang berkualitas juga turut berkontribusi signifikan terhadap minat baca siswa. Temuan ini menekankan pentingnya pengembangan budaya membaca di sekolah melalui berbagai program dan kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca siswa. Dengan adanya upaya tersebut, diharapkan prestasi akademik siswa dapat meningkat, sehingga mereka dapat mencapai potensi terbaik dalam belajar.References
Albab, U. (2024). Strategi Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Melalui Pendekatan Tematik. Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(3), 305–312.
Alsa, A., Hidayatullah, A. P., & Hardianti, A. (2021). Strategi belajar kognitif sebagai mediator peran motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1), 99–114.
Ama, R. G. T. (2020). Membangun minat baca pada siswa sekolah dasar. Pena Persada.
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh kemampuan literasi membaca terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58.
Anggarawati, N. N. J., Suma, I. K., & Suastra, I. W. (2023). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mendukung Keterampilan Membaca Siswa Sd Di Kelas Rendah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 50–60.
Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98.
Ariga, H. P. S., Ezmar, E., Asniah, A., Syahrin, A., & Hayati, R. (2023). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Samalanga. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 3(2), 122–129.
Ayuda, A. P. (2025). LITERASI DAN NASIONALISME: MENANAMKAN JIWA KEBANGSAAN MELALUI BUDAYA BACA. Literasiana, 3(01).
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.
Eja, M. E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii A Smp Negeri 16 Pontianak. Satya Widya, 39(1), 76–86.
Elita, E., Oktaviani, A. M., & Fitriyani, F. (2023). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPS. PEGAS (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 2(1), 53–63.
Fatayan, A., Frilia, A., & Fauziah, M. P. (2022). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2694–2700.
Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115–120.
Laka, L., & Maeja, J. D. (2023). Budaya Membaca Mahasiswa Ditinjau Dari Dukungan Keluarga dan Minat Baca. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 111–120.
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh budaya literasi terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6).
Lubis, M. S., Lumbanbatu, K., & Lubis, I. (2022). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Minat Baca Dengan Prestasi Siswa Menggunakan Metode Apriori: Studi Kasus SMP Negeri 11 Binjai. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 398–411.
Magpiroh, N. L., & Mudzafar, S. N. (2023). Psikologi Pendidikan: Teori, Perkembangan, Konsep, dan Penerapannya dalam Konteks Pendidikan Modern. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(2), 41–53.
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 1–4. http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/87
Mardiana, D. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Program Literasi Baca Di Kelas Va SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 136–152.
Marlina, N. A., & Ardiyaningrum, M. (2021). Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Karanggayam. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–10.
Mustikawati, E. (2024). Analisis Rendahnya Minat Baca Siswa Kelas 4 di SD Negeri Cikampek Timur 1: Faktor-Faktor Penyebab dan Implikasinya dalam Konteks Pendidikan Dasar. Konstanta: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 75–83.
Nesya, K. A., & Oktaviani, A. M. (2023). Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pelita Calistung, 4(2), 101–109.
Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018 . Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Permatasari, C. L. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Satya Widya, 39(2), 159–172.
Pressley, T., Allington, R. L., & Pressley, M. (2023). Reading instruction that works: The case for balanced teaching. Guilford Publications.
Purba, H. M., Zainuri, H. S., Syafitri, N., & Ramadhani, R. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 179–192. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025
Purwaningsih, I., Oktariani, O., Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 21. https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5113
Rahayu, A., Wahib, A., & Besari, A. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 2(2), 122–130.
Rufaidah, I. (2021). Hubungan Minat Membaca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMK Yaperjasa. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 34.
Rusniasa, N. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2021a). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV sd negeri i penatih. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53–63.
Rusniasa, N. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2021b). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV sd negeri i penatih. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53–63.
Santoso, F., Artha, B., Khotimah, R., & Rajagukguk, E. W. P. (2025). PEMASARAN DIGITAL DAN KECERDASAN BUATAN GENERATIF: SUATU TINJAUAN LITERATUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 1189–1194.
Santri, A. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SDN 105304 Sarilaba Jahe Sibiru-Biru Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(06), 1–9.
Saputri, A. E., & Rochmiyati, S. (2024). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 255–267.
Setiawan, A., & Suprapto, W. (2021). Pengaruh Theory of Planned Behaviour terhadap Purchase Intention Buku di Indonesia melalui Reading Interests sebagai Variabel Intervening. Agora, 9(1), 358443.
Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty And Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656.
Suhara, Y. I., Kiska, N. D., & Aldila, F. T. (2022). Hubungan Karakter Gemar Membaca terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Sekolah Dasar. Integrated Science Education Journal, 3(1), 11–15.
Suhasto, F. P., Nasikhah, I. D., Zulaiha, M. A., & Rosfalia, N. A. (2025). ANALISIS STRATEGI DALAM MENINGKATKAN RETENSI MEMORI PADA ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBACA BUKU: STRATEGY ANALYSIS IN IMPROVING MEMORY RETENTION IN CHILDREN THROUGH BOOK READING ACTIVITIES. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 8(1), 468–473.
Suja, I. W. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Lembaga Pengembangan Pembelajaran Dan Penjaminan Mutu (Lpppm) Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 5–10.
Suryana, F. I. F., Lahera, T., & Windayana, H. (2022). Pengelolaan layanan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1310–1317.
Vandergon, E. (2022). Scaffolding Full-length Texts in a Middle School Classroom to Promote Reading Engagement.
Wardatussofkhah, R., Nurma’ardi, H. D., & Oktaviani, A. M. (2023). Pengetahuan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. PEGAS (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 2(1), 32–37.
Yulfira, Y., & Hasan, H. A. (2024). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar 8 Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa SD Inpres Parangbanoa. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 580–587.
Yuliarini, S., Popiyanto, Y., Suharnanik, & Prihatiningtyas, I. W. (2024). KONFIGURASI KURIKULUM BERBASIS LEARNING LITERASI KEUANGAN PADA ANAK USIA 3 TAHUN SAMPAI 5 TAHUN. UWKS PRESS.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Linda Aprilia, Sastra Wijaya, Anna Maria Oktaviani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




