MENYIBAK TANTANGAN KURIKULUM MERDEKA: ANTARA HARAPAN DAN REALITA

Authors

  • Sulhijrah Mustabil Universitas Bosowa
  • Nur Fadhillah Latif Universitas Bosowa
  • Devy Purnama Ashaf Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Universitas Bosowa
  • A. Rizal Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44197

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Problematika, Implementasi, Sekolah Dasar, Solusi

Abstract

Kurikulum Merdeka, yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bertujuan untuk menciptakan generasi yang adaptif, kreatif, dan berdaya saing. Namun, implementasi kurikulum ini menghadapi berbagai tantangan, mulai dari kesiapan guru hingga keterbatasan infrastruktur. Penelitian ini berfokus pada salah satu sekolah dasar di Kota Makassar untuk mengeksplorasi problematika penerapan Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan pelatihan guru dan peningkatan infrastruktur menjadi kunci keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Artikel ini juga menawarkan rekomendasi strategis untuk mengatasi hambatan tersebut.

References

Arifin, Z. (2022). Kepemimpinan Transformasional dalam Implementasi Kurikulum Baru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 125–136.

Fadli, M.R. (2021). Memahami Desain Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Puspita, R., & Widiastuti, S. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia: Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Nusantara, 10(1), 15-28.

Pratiwi, D. (2023). Kompetensi Guru dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 125-135.

Rahman, A., & Fadhilah, S. (2022). Tantangan dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 215–228.

Sugiarto, A., & Santosa, B. (2023). Pembelajaran Berbasis Projek dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45–59.

Suryani, N., & Kurniawan, A. (2023). Kesiapan Peserta Didik dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka: Perspektif Sekolah di Daerah Tertinggal. Jurnal Pendidikan Abad 21, 8(3), 45-58.

Widodo, T., & Jasmadi, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Wilayah Perkotaan dan Pedesaan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(4), 301–315.

Downloads

Published

2025-04-06

How to Cite

Mustabil, S., Latif, N. F., Ashaf, D. P., Burhan, B., & Rizal, A. (2025). MENYIBAK TANTANGAN KURIKULUM MERDEKA: ANTARA HARAPAN DAN REALITA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 3788–3791. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44197

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.