MODEL PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS KETELADANAN DI RA AL-WASHLIYAH SIMPANG EMPAT MARBAU

Authors

  • Siti Adlah Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nanda Rahayu Agustia Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43315

Keywords:

Pendidikan Karakter Islami, Keteladanan, Pembentukan Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pendidikan karakter Islami berbasis keteladanan di RA Al-Washliyah Simpang Empat Marbau. Pendidikan karakter Islami merupakan aspek penting dalam pembentukan akhlak peserta didik sejak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model keteladanan yang diterapkan oleh guru di RA Al-Washliyah sangat efektif dalam membentuk karakter Islami peserta didik. Guru memberikan contoh nyata dalam perilaku sehari-hari, mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kegiatan pembelajaran, serta menjalin kerja sama dengan orang tua dalam membangun karakter anak. Metode bercerita, praktik langsung, dan pembiasaan digunakan sebagai strategi utama dalam mendidik anak-anak.Temuan ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter Islami berbasis keteladanan dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam membangun moral dan akhlak anak sejak dini. Oleh karena itu, model ini diharapkan dapat diterapkan lebih luas di berbagai lembaga pendidikan Islam untuk menghasilkan generasi yang berakhlak mulia.

References

Ahmad, R., 2020. Pendidikan Karakter dalam Islam. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Al-Ghazali., 2015. Ihya Ulumuddin: Pendidikan Karakter dalam Islam. Jakarta: Pustaka Azzam.

Alwi, H., 2021. Keteladanan dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Suara Madani.

Creswell, J. W., 2016. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Fauzan, M., 2020. Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Anak. Bandung: Mizan.

Hamzah, A., dan Wahyuni, S., 2020. Model Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jakarta: Pustaka Al-Fikri.

Hidayat, A., 2019. Integrasi Nilai Islam dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Surabaya: Amanah Press.

Miles, M. B., dan A. M., Huberman, 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications.

Muhammad, A., 2018. Pendidikan Karakter dalam Islam. Bandung: Mizan.

Nashir, M., 2022. Strategi Efektif Pendidikan Karakter Islami. Malang: Universitas Islam Press.

Nofianti, R., Panggabean, H. S., dan A. Rambe, 2024. Parenting Dalam Pembentukan Karakter Islami AUD Melalui Kegiatan Merdeka Belajar. Penerbit Tahta Media.

Rahman, S., 2018. Metode Pengajaran dalam Pendidikan Islam. Medan: Cahaya Ilmu.

Rahmawati, I., 2019. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Syarif, T., 2023. Dampak Pendidikan Karakter Islami terhadap Perilaku Anak. Padang: Insan Kamil.

Zaini, U., 2021. Pendidikan Karakter dan Peran Orang Tua. Bogor: EduPress.

Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-04-17

How to Cite

Adlah, S., & Agustia, N. R. (2025). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS KETELADANAN DI RA AL-WASHLIYAH SIMPANG EMPAT MARBAU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4087–4090. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43315

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)