EFEKTIVITAS SENI KERAJINAN ECOPRINT DENGAN CARA TEKNIK CETAK TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA SISWA KELAS IV MIT NURUL ISLAM SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43010Keywords:
Seni Kerajinan Ecoprint, Keterampilan Motorik Halus, Teknik CetakAbstract
Pada artikel ini dilakukan untuk meneliti apakah seni kerajinan ecoprint dengan cara teknik cetak efektif terhadap keterampilan motorik halus siswa kelas IV MIT Nurul Islam Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan populasi 111 siswa kelas IV dan sampel kelas IV A sebanyak 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebanyak 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Adapun hasil dari uji analisis menggunakan uji Mann-Whitney memperoleh Sig.(2-tailed) sebesar <0,001 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima atau ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas dari seni kerajinan ecoprint dengan cara teknik cetak terhadap keterampilan motorik halus siswa kelas IV MIT Nurul Islam semarang. Maka, hasil pada penelitian ini yaitu seni kerajinan ecoprint dengan cara teknik cetak efektif terhadap keterampilan motorik halus siswa kelas IV MIT Nurul Islam Semarang.References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif (N. Saputra, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Agusalim, Ajrun, L. O. M., Patinaya, F., Erniyanti, D., Farma, J., Fatima, S., Sukriamala, S., & Restika. (2024). Pemanfaatan Bahan Alami dalam Pembuatan Ecoprint pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kadolomoko. TERMASYHUR: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 52–59.
Agustina, S., Nasirun, M., & D., D. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN DENGAN BARANG BEKAS. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33
Azmi, F., Halimah, S., & Pohan, N. (2017). PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN BELAJAR ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AMAL SHALEH MEDAN. At-Tazakki, 1(1), 15–28.
Dhian Satria Yudha Kartika, Fidda Rahmawati, Viona Eka Rahmawati, Agus Tri Sapta Yudha, Alfin Nur Faizah, & Ruldy Rizqi Suhendri. (2023). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Ecoprint Sebagai Pengembangan Kreativitas Anak Di Sekolah Dasar Negeri Wonomerto 1 (Satu). Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 72–82. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.311
Fatmala, Y., & Hartati, S. (n.d.). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak.
Lubis, A. S., & Siregar, M. (2023). Pengenalan Ecoprint Guna Meningkatkan Keterampilan Dan Perkembangan Motorik Siswa Sdn 32 Bilah Hulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Anshara Madani (JPMAM), 1(1), 1–4.
Octaviani, R., & Amalia, L. (2020). MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MEDIA ECOPRINT PADA SISWA KELAS 5 DI SDN PULOSARI. Abdima: Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 3(1), 3729–3735.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta.
Zyra, S. N., Alamsyah, T. P., & Yuliana, R. (2022). Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 97–106.
Megasari, dkk., Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar-Dasar Memulai Penelitian, (Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis, 2021), hlm.64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sekar Suryaningtiyas, Arsan Shanie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




