RANCANGAN MODEL LAYANAN RESPONSIF PADA PESERTA DIDIK DENGAN KEPERCAYAAN DIRI YANG RENDAH (FASE F DI SMA PGRI 2 PADANG)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34313Keywords:
Rancangan, Responsif, Kepercayaan DiriAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya peserta didik yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan gambaran kondisi kepercayaan diri yang rendah pada peserta didik Fase F di SMA PGRI 2 Padang. 2) Merancang model layanan responsif pada peserta didik dengan kepercayaan diri yang rendah Fase F di SMA PGRI 2 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D). Populasi dari penelitian ini merupakan peserta didik Fase F di SMA PGRI 2 Padang dengan jumlah sebanyak 44 orang peserta didik. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 44 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling, dan instrument yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian ini, mengungkapkan bahwa: 1) Mendeskripsikan gambaran kondisi kepercayaan diri yang rendah pada peserta didik Fase F di SMA PGRI 2 Padang berada pada kategori cukup tinggi. 2) Model rancangan layanan responsif dengan kepercayaan diri yang rendah pada peserta didik yang telah divalidasi oleh pakar teoritis, berada pada kategori ”Sangat Diterima” dan layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat menerapkan rancangan model layanan responsif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.Downloads
Published
2024-09-10
How to Cite
Salsabilla, M. ., Nita, R. W. ., & Adison, J. . (2024). RANCANGAN MODEL LAYANAN RESPONSIF PADA PESERTA DIDIK DENGAN KEPERCAYAAN DIRI YANG RENDAH (FASE F DI SMA PGRI 2 PADANG). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13024–13030. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34313
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Mutiara Salsabilla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.