UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MONTASE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL QUR’AN KECAMATAN STABAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42333Keywords:
Motorik Halus, Kegiatan Montase, Anak Usia 5-6 Tahun, TK Nurul Qur’an, Pendidikan Anak Usia Dini, Dan Stabat.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan media montase pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Qur’an Kecamatan Stabat. Kemampuan motorik halus anak dapat dipengaruhi oleh kesempatan berlatih dan belajar. Untuk mendukung kemampuan fisik motorik anak usia dini juga dapat ditingkatkan melalui kegiatan montase. Kegiatan montase ini meliputi beberapa bagian berupa menggunting, menyusun, dan menempel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Dan akan dilaksanakan dua siklus penelitian. Kemudian peneliti akan mengobservasi peningkatan kemampuan motorik halus anak pada setiap siklusnya untuk melihat persentase peningkatannya. Observasi dilakukan berdasarkan instrumen penelitian berupa BB, MB, BSH dan BSB. Lalu didapatlah kesimpulan upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan media montase pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Qur’an Kecamatan Stabat.References
Ahmad, M. Y., et.al. (2015). Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(1).
Astira, N. Y. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Montase pada Anak Kelompok B2 di TK DWP Dikpora Ampenan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal PAUD.Vol. 06.
Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. (2007). Bidang Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fauziah Muaz. 2022. Skripsi: Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak TK B Di TK Islam An-Nizomiyah Tahun 2021/2022. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Syahnidar, S., & Utami, R. D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Ular Tangga di PAUD Al Ikhlas Padang Lawas. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 7, pp. 195-204).
Khadijah., et.al., (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, pertama. Jakarta: Kencana.
Lubis, S. I. A. (2024). Lingkungan Belajar Anak Dalam Perspektif Ekologi Bronfenbrenner. Serasi Media Teknologi.
Munisa, et.al., (2024). Efektivitas Media Origami Dalam Meningkatkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3548-3554.
Nilawati Tadjuddin. (2014). Buku Meneropong Perkembangan AUD. Jakarta: Herya Media.
Nofianti, R., et.al. (2024). Peningkatan Motorik Halus Melalui Loose Part Dengan Metode Maria Montessori Pada AUD. Serasi Media Teknologi.
Parapat, A. (2021). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Origami pada Anak Usia Dini di TK Al-Hikmah. AUD Cendekia, 1(1), 9-17.
Sisdiknas, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: Kemendikbud, 2003).
Taznidaturrohmah, et.al. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Dinoyo 01 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 9 (1), 2020, 20-26.
Tsalitska Sindi Afifah, et.al. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia.
Wayan Jenki Sunarta. (2016). “Montase Kumpulan Puisi”. Pustaka Ekspresi.
Yaswinda dan Gusmarni. 2022. Analisis Permendikbud Nomor 137 dan 146 Dalam Pembelajaran Paud. Jurnal Ilmiah PTK PNF. Volume 17 Number 2 Desember. http://doi.org/10.21009/JIV.1702.8
Arikunto, S, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rine
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saputri Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.