PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) POKOK BAHASAN PECAHAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI MTSN 1 PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40954Keywords:
Pengembangan, LKS, Saintifik.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan dalam pengembangan LKS pokok bahasan pecahan berbasis Pendekatan Saintifik di MTsN 1 Probolinggo yang praktis, efektif, dan valid. Model pengempangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pengembangan Plomp. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VII MTsN 1 Probolinggo berjumlah 30 Siswa. Hasil validasi instrument penelitian memperoleh skor tingkat kevalidan RPP 3,95 ; tingkat kevalidan LKS 3,91 ; tingkat kevalidan lembar observasi RPP 3,86 ; tingkat kevalidan lembar observasi LKS 3,85 ; tingkat kevalidan uji kompetensi siswa 3,89 ; dan tingkat kevalidan angket respon siswa sebesar 3,70. Tingkat kepraktisan produk memiliki skor rata-rata 96,55% didapat dari hasil observasi aktivitas guru dalam keterlaksanaan RPP , sedangkan skor rata-rata 95,75% diperoleh dari observasi kegiatan siswa pada keterlaksanaan LKS. Skor yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan RPP dan LKS termasuk dalam kategori sangat baik. Tingkat keefektifan produk diperoleh dari ketuntasan klasikal yang mencapai 95% serta respon positif siswa menunjukkan bahwa produk LKS termasuk dalam kategori efektif.References
Adlin, A. 2019. Analisis Kemampuan Guru untuk Menggunakan Media Berbasis Komputer dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 3(2), 30.
Alosius., Tondo, A., Irianti, N. P., Matematika, P., Tribhuwana, U., dan Malang, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bilangan Kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(1), 117–130.
Aziz & Lestari. (2023). Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Membantu Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Gamping Memahami Konsep Matematika. Jurnal Pendidik Indonesia, Vol. 6, No. 1, 198–218.
Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Alat peraga bongpas membantu pembelajaran matematika realistis. Anargya: Journal of Mathematics Education, 1(1), 14–20.
Galih, T. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK Pada Kompetensi Dasar dengan Menggunakan Alat Ukur, Digunakan Metode Pembelajaran Bersama. Journal of Mechanical Engineering Education, Volume 3, Nomor 2, Desember 2016.
Haloho, S. H., Prambudi, A., & Hidayah, I. (2019). Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII F SMPN 22 Semarang Tentang Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan APM. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 821–827.
Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Analisis Pendahuluan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 78.
Hidayati, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bercirikan Pendekatan Saintifik pada Materi Matriks. Jurnal : DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Isrok`atun, Hanifah, N., & Sujana, A. (2018). Melatih Kemampuan Problem Posing Melalui Situation-Base Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Sumedang: Upi Sumedang Press.
Kemendikbud, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
Lail, F. (2015). Pengembangan Buku Kartun Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Materi Aritmetika Sosial. In UIN Sunan Kalijaga.
Maharati, M. A., Friansah, D., Purwasi, L. A., Studi, P., Matematika, P., & Pgri, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kelas VII SMP Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 147–156.
Maula, I., Subanji, & Sudirman. (2016). Pengembangan Lks Bercirikan Guided Discovery Learning Pada Materi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 66–73.
Parmiti, D. P., dkk. 2018. Analisis Kesulitan Peserta didik dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Peserta didik Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education. 2(2) 144-155.
Plomp, Tjeerd dan N. Nieveen. 2013. Educational Design Research – Part A: An introduction, Enshede: Netherlands Institute For Curriculum Development (SLO).
Prastowo, Andi. 2013. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110.
Ramadhana, R., & Hadi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Learning Cycle 7E Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 45–52.
Ramlah, Bennu, S., & Paloloang, B. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMPN Model Terpadu Madani Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1, 182–184.
Rizky Dezricha Fannie & Rohati (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linier Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, Vol. 8, No. I, hlm. 98.
Rochmad (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, 3. No.1 (hlm 68-71).
Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulm 2013 versi 2016. JTIEE, 1(1): 59 – 77
Setyaningsih, R., Ed. 2017. Matematika untuk SD/MI Kelas V. PT Masmedia Buana Pustaka.Sidoarjo. 208 hlm.
Sudjana, . (2008). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung; Remaja Rosda Karya.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta), hal.297.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. (hal. 605-612). Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Sumadi, dan Yuniati, S. 2019. Bentuk dan Urutan Pecahan. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. 182 hlm.
Sundayana, H.R. (2015). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh Syadidul Itqan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.