PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING MELALUI APLIKASI QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPA MA AS’ADIYAH MATTIROWALIE

Authors

  • Zul Faslan Universitas Muhammadiyah Bone
  • Suhardiman Suhardiman Universitas Muhammadiyah Bone
  • Asmah Amir Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39571

Keywords:

Model Blended Learning, Aplikasi Quipper School Dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model blended learning melalui aplikasi quipper school terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI IPA MA As’adiyah Mattirowalie. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent  control  group  design. Sampel penelitian ini adalah 22 siswa kelas XI IPA 1  sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan model blended learning melalui aplikasi quipper school, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan model blended learning melalui aplikasi quipper school terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil analisis uji independent  samples test menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Taraf signifikansi 0,05 menunjukkan Pvalue (sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 < 0,05. Dan diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,220 > 2,086. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa (post-test) pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80,32 dari pada rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 51,32.

References

Asdar, A., & Talib, J. (2021). Blended Learning Berbasis Quipper School Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sman 1 Bantaeng. PeTeKa, 4, 1–13. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/2375

Darmawan, D., & Latifah, P. (2013). Metode penelitian kuantitatif.

Febriani, H., & Azizah, U. (2021). Metode Blended Learning Berbantuan Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Volume 5, Number 1, 2021, 5(1), 9–15.

Hidayah, N. (2020). Efektifitas Blended Learning dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1–15. https://edukasi.kompas.com/read/2012/06/06/11503150/Perpaduan.Tatap.Mukadan.Kuliah

Huda, Firmansyah, S., Rinaldi, M., Suherman, A., Sugiharta, Astuti, I. D., Fatimah, W., Andika, O., & Prasetyo, E. (2019). No Title. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10, No. 2, 2019, Hal 261 - 270, 10(2), 261–270.

IG Suardana, IW Lasmawan, I. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended – Scientific Learning Berbantuan Quipper School Untuk Meningkatkan Aktivitas. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 106–115. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3419

Iis Yulaika. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sma Negeri 8 Kota Pekanbaru.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pratiwi, A. S. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantukan Media Pembelajaran Quipper School Untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi ( Quasi Eksperimen Pada Materi Apbn Dan Apbd Kelas Xi Ips 4 Dan Xi Ips 5 Sma Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 ). 7–22.

Riadi, M. (2021). Blended Learning (Pengertian, Aspek, Jenis, dan Teknologi). https://www.kajianpustaka.com/2021/03/blended-learning.html

Rosyida, A. (2022). Pengaruh Metode Blended Learning Berbasis Quipper School Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Ditinjau Dari Minat Belajar Pada Pembelajaran Fisika. 8.5.2017. Www.Aging-Us.Com

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 4Tahun 2021 P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147, 5(4), 2156–2163. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1137

Suindhia, I. W. (2023). Dampak Media Quipper School Terhadap Hasil Belajar Fisika. EDUTECH?: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 115–121. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2120

Sunarti, S. (2021). Metode Mengajar Kreatif Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jurnal Perspektif, 13(2), 129–137. https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i2.16

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 6. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif?: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Faslan, Z. ., Suhardiman, S., & Amir, A. . (2024). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING MELALUI APLIKASI QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPA MA AS’ADIYAH MATTIROWALIE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18112–18121. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39571

Similar Articles

<< < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)